Monday, October 22, 2012

Kamus Singkat istilah Kopi ala Cafe

Pernah merasa bingung kah pada saat mendatangi cafe mahal yang menyediakan berbagai macam kopi dengan istilah yang aneh ditelinga kita. Jangan khawatir, perasaan yang sama juga pernah menghinggapi saya. Jangankan menyebutkannya, membacanya pun perlu sedikit mengkerutkan dahi. Tapi ternyata istilah-istilah itu mudah dipahami setelah saya membaca beberapa referensi dan berguru kopi dengan teman yang kebetulan menjadi barista di kedai kopi ternama.

Pada dasarnya, kopi terbagi atas dua dasar, milk based dan non milk based. Untuk non milk based, penyajian kopi berbahan dasar air panas, gula dan kopi, yang berbeda hanya alat pemrosesannya, seperti dimulai dengan kopi tubruk, coffee maker, French Press, shyphon, Vietnam Drip, mesin espresso. Hasilnya akan mendapatkan kopi hitam pekat....hmmmmm kebayang harumnya.

Kopi tubruk

Sedangkan milk based, bahan dasarnya adalah susu, gula/syrup dan kopi. Untuk yang sederhana, misalnya kopi susu dengan kental manis, seperti yang kita kenal sehari-hari ataupun seperti ala Vietnam. Sedangkan untuk versi lebih rumitnya, biasanya namanya berbau Italia dan berakhiran O ( hehehheheheh asumsi ngaco aja ini mah...). Sajian ini semakin dikenal sejak ditemukannya mesin espresso dan steamer susu.

Berikut ini list nama kopi yang biasa tersedia di Posh Cafe (cafe mahal yang mempunyai barista untuk membuat kopinya). Frappucino and the gank tidak akan saya tambahkan karena mereka tidak masuk dalam kategori kopi (kekekekke biasanya dibilang kopi banci).

1. Espresso/ es-pre-so
adalah hasil dari cara penyeduhan kopi memakai mesin espresso. Kopi dipress beberapa bar dengan menggunakan steamer panas selama 10-25 detik. Hasilnya, kopi pahit yang sangat pekat tanpa ampas, langsung diminum sesaat pembuatan, karena cepat sekali berubah rasa. Biasanya disajikan dicangkir kecil kurang lebih 30 ml (cangkir khusus espresso).

A picture for you


2. Crema/ kre-ma
adalah lapisan atas berbusa dari hasil pembuatan kopi melalui mesin espresso. Merupakan krim kopi yang sangat lezat yang menunjukkan kualitas biji kopi yang kita pakai. Semakin tebal, semakin bagus kualitasnya.

3. Americano/ a-me-ri-ka-no
adalah pencampuran satu bagian espresso dengan tiga bagian air panas. Biasanya menjadi espresso encer. Digemari oleh orang-orang yang tidak tahan oleh kepekatan espresso. Dari namanya, memang diambil dari gaya orang Amerika yang tidak mau menikmati espreso kental.

4. Macchiato/ ma-ki-a-to
Adalah satu bagian espresso yang dicampur dengan satu layer susu yang telah menjadi busa.

5. Cappucino/ ka-pu-ci-no
adalah penyampuran satu bagian espresso dengan satu bagian susu dan sua bagian susu lapisan foam/ busa susu yang sangat tebal.

cappucino


6. Caffe Latte/ ka-fe-la-te
adalah penyampuran 1 bagian espresso dengan tiga  bagian susu dan satu layer tipis busa/ foam. Jadi sebetulnya jumlah susu antara cappucino dan caffe latte itu sama, hanya berbeda bentuk cair dan foam saja.

7. Mocha/ mo-ka
Adalah penyampuran satu bagian espresso dengan satu bagian coklat syrup dengan topping cream. Karena disebut sebagai sepupu dekat, pencampuran keduanya menghasilkan minuman yang sangat nikmat.

Sedangkan jenis kopi lainnya seperti penambahan rasa vanila, hazelnut, caramel, dan lain-lain, hanyalah jenis syrup pengganti gula yang digunakan sebagai bahan pemanis kopi. Yang bikin harga kopi melambung di cafe biasanya karena memakai syrup-syrup ini, yang harganya bisa mencapai Rp.150.000/ botol.

So, sore ini mo kemana dan minum kopi apa, udah pede dong mesen kopi sesuai selera, selamat ngopi semuanya....

22 comments:

  1. hoo baru tau... aku suka frappucino yg katanya banci. hihihi... untung eikeh perempuan :D. belum berani nyoba espresso, takut ga enak mahal lagi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disebut banci karena kopinya cuman sedikit, udah ketutup susu, syrup, cream dan es. Espresso memang pahit dan kata saya sih asem, tapi buat penggemarnya mah enak-enak aja.

      Delete
  2. saya suka kopi. tapi, belum pernah ngerasain espresso. palingan cuma kopi itam pake gula sama vanilla latte.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Espresso cuman salah satu cara untuk menikmati kopi. Hmm rasanya pahit banget hehehheh. Tapi mau espresso, cappucino ataupun kopi sachet, kopi tetap dinikmati sebagai selera personal ya

      Delete
  3. Salam Takzim
    Bagi pecinta kopi pasti ingin sekali merasakan kopi kopi yang direkomendasikan oleh sarijeruk, kalau saya lebih suka sari jeruk aja gan
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kembali...
      sarijeruk memang suka mengejutkan, terkadang manis atau kecut banget...tergantung musimnya hehehehheheh

      Delete
  4. Kopi apa aja enak, mba :D
    minum kopi yg sebungkus harga seribu aja dah bikin melek mata :D
    tp kopi kental yg item plus manis itu nikmat bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul, coffee is very personal experience. My coffee is my way kata seorang Teman...

      Delete
  5. kopinya emank mantabs yah saya suka itu kopi yang dibuat dengan khasnya salam kenal dari yogyakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal lagi Mas Opick...
      Saya pengen nyoba kopi yang dicelup bara arang, katanya enak juga ya. Lain kali nyoba ah kalo ke Yogya

      Delete
  6. doyan ngopi ya Nit..?
    kk kok suka sakit perut kalau ngopi...., jadi beraninya cuma nyicip2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doyan yang bahan dasar susu aja kak, kalo kopi hitam sih nggak terlalu suka, nanti saingan ama bapak di rumah. Bisa-bisa minum segelas berdua deh...

      Delete
  7. pada dasarnya aku gak suka kopi mbak, tapi kalau rasanya manis ada susu atau coklatnya boleh lag :) thanks ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kopi item memang rasanya seperti Mbah-mah, tapi kalo ada susunya, rasanya cocok sama lidah. Paling enak campur susu kental manis.... Paling top markotop dan gampang buatnya....

      Delete
  8. sy gak kuat ngopi, biasanya badan suka jd lemes & gemeteran kl abis ngopi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, kalo di Bandung, coba ke toko kopi aroma. pak Widya akan memberikan wejangan singkat tentang kopi yang tingkat keasamannya aman untuk lambung kita. Beliau tidak menyarankan kopi instant karena itu bukan kopi asli, hanya essence dg tk keasaman yang sangat tinggi.

      Delete
  9. wah ilmu baru nih mb sari..tengkyuu yaa..
    aku paliing sukaa caffe latte ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tossss, sama Mbak. Paling enak dimulut dan lambung....

      Delete
  10. baru tahu yang beginian, makasih infonya, siapa tahu nanti mampir ke kafe mahal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau nyicip nggak usah ke Cafe Kang, dirumah juga ada mesin kopi kecil. Rasanya mirip-mirip lah....

      Delete
  11. Pernah aku nanya di Starbucks, mau beli es kapucino. Dia bilang gak ada.
    Ternyata memang kapucino tu kudune panas ya plus ada foamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benul sekali Mbak, apalagi di starbucks, yang dingin langsung dia label dengan nama frappe semua. Jadi kalobeli cappucino tanpa busa berarti ganti nama jadi latte hihihihi

      Delete