Monday, October 22, 2012

Kamus Singkat istilah Kopi ala Cafe

Pernah merasa bingung kah pada saat mendatangi cafe mahal yang menyediakan berbagai macam kopi dengan istilah yang aneh ditelinga kita. Jangan khawatir, perasaan yang sama juga pernah menghinggapi saya. Jangankan menyebutkannya, membacanya pun perlu sedikit mengkerutkan dahi. Tapi ternyata istilah-istilah itu mudah dipahami setelah saya membaca beberapa referensi dan berguru kopi dengan teman yang kebetulan menjadi barista di kedai kopi ternama.

Pada dasarnya, kopi terbagi atas dua dasar, milk based dan non milk based. Untuk non milk based, penyajian kopi berbahan dasar air panas, gula dan kopi, yang berbeda hanya alat pemrosesannya, seperti dimulai dengan kopi tubruk, coffee maker, French Press, shyphon, Vietnam Drip, mesin espresso. Hasilnya akan mendapatkan kopi hitam pekat....hmmmmm kebayang harumnya.

Kopi tubruk

Sedangkan milk based, bahan dasarnya adalah susu, gula/syrup dan kopi. Untuk yang sederhana, misalnya kopi susu dengan kental manis, seperti yang kita kenal sehari-hari ataupun seperti ala Vietnam. Sedangkan untuk versi lebih rumitnya, biasanya namanya berbau Italia dan berakhiran O ( hehehheheheh asumsi ngaco aja ini mah...). Sajian ini semakin dikenal sejak ditemukannya mesin espresso dan steamer susu.

Berikut ini list nama kopi yang biasa tersedia di Posh Cafe (cafe mahal yang mempunyai barista untuk membuat kopinya). Frappucino and the gank tidak akan saya tambahkan karena mereka tidak masuk dalam kategori kopi (kekekekke biasanya dibilang kopi banci).

1. Espresso/ es-pre-so
adalah hasil dari cara penyeduhan kopi memakai mesin espresso. Kopi dipress beberapa bar dengan menggunakan steamer panas selama 10-25 detik. Hasilnya, kopi pahit yang sangat pekat tanpa ampas, langsung diminum sesaat pembuatan, karena cepat sekali berubah rasa. Biasanya disajikan dicangkir kecil kurang lebih 30 ml (cangkir khusus espresso).

A picture for you


2. Crema/ kre-ma
adalah lapisan atas berbusa dari hasil pembuatan kopi melalui mesin espresso. Merupakan krim kopi yang sangat lezat yang menunjukkan kualitas biji kopi yang kita pakai. Semakin tebal, semakin bagus kualitasnya.

3. Americano/ a-me-ri-ka-no
adalah pencampuran satu bagian espresso dengan tiga bagian air panas. Biasanya menjadi espresso encer. Digemari oleh orang-orang yang tidak tahan oleh kepekatan espresso. Dari namanya, memang diambil dari gaya orang Amerika yang tidak mau menikmati espreso kental.

4. Macchiato/ ma-ki-a-to
Adalah satu bagian espresso yang dicampur dengan satu layer susu yang telah menjadi busa.

5. Cappucino/ ka-pu-ci-no
adalah penyampuran satu bagian espresso dengan satu bagian susu dan sua bagian susu lapisan foam/ busa susu yang sangat tebal.

cappucino


6. Caffe Latte/ ka-fe-la-te
adalah penyampuran 1 bagian espresso dengan tiga  bagian susu dan satu layer tipis busa/ foam. Jadi sebetulnya jumlah susu antara cappucino dan caffe latte itu sama, hanya berbeda bentuk cair dan foam saja.

7. Mocha/ mo-ka
Adalah penyampuran satu bagian espresso dengan satu bagian coklat syrup dengan topping cream. Karena disebut sebagai sepupu dekat, pencampuran keduanya menghasilkan minuman yang sangat nikmat.

Sedangkan jenis kopi lainnya seperti penambahan rasa vanila, hazelnut, caramel, dan lain-lain, hanyalah jenis syrup pengganti gula yang digunakan sebagai bahan pemanis kopi. Yang bikin harga kopi melambung di cafe biasanya karena memakai syrup-syrup ini, yang harganya bisa mencapai Rp.150.000/ botol.

So, sore ini mo kemana dan minum kopi apa, udah pede dong mesen kopi sesuai selera, selamat ngopi semuanya....