Tuesday, July 3, 2012

Pusing-pusing di Penang

Penang atau orang Malaysia melafalkannya Pinang atau Pineng, salah satu pulau yang terletak di Semenanjung Malaka. Dapat dicapai dengan penerbangan langsung dari Bandung, perjalanan kurang lebih 2 jam. Kota ini merupakan salah satu Unesco Heritage site dengan bangunan-bangunan tua yang masih terawat dan asri. Saya mengunjungi kota ini karena pas ada promo penerbangan Bandung-Penang dengan harga yang murah dan liburan sekolah anak-anak.

photo.JPG

Menikmati kota Penang haruslah dengan santai dan tidak terburu-buru, terutama menikmati detail bangunan pecinaan dengan detailnya yang sangat indah. Jangan lupa untuk membawa topi, payung dan sunblock untuk menyusuri kota pinang karena panas matahari yang menyengat. 

photo.JPG

Selain daerah pecinaan, bangunan-bangunan dengan arsitektut Inggris juga sangat banyak bertebaran di Georgetown. Mulai dari pertokoan, perumahan, sekolah, gedung pengadilan, sampai dengan benteng pertahanan masih terawat dan bisa dinikmati detailnya



Tapi jika sang dahaga datang, jangan khawatir, hampir diseluruh pojok kota terdapat kedai-kedai makanan dan minuman untuk mengilangkan rasa haus. Hmmm es kacang merah dengan topping es krim vanilla atau es krim jagung sangan cepat menghilangkan panas dan dahaga hanya dengan harga RM4.

photo.JPG 

Jika ingin city tour gratis, tersedia bus hop on CAT yang siap mengantarkan mengelilingi bagian kota Georgetown. Walaupun gratis, bis ini sangat nyaman dengan ac dan tingkat kebersihan yang tinggi. Tapi jika ingin lebih jauh lagi... hanya dengan RM 3, kita dapat mengelilingi tempat-tempat lain yang menarik lainnya, seperti ke Pantai Batu Feringghi, Balik Pulau, Tanjung Bahang, dll.

photo.JPG

Tak terasa hari menjelang Malam, tapi Adzan Maghrib belum berkumandang, padahal jam menunjukkan pukul 19.20 waktu setempat. Oh, ternyata disini Maghribnya jam 19.30. Dan toko-toko menutup bisnisnya setelah Magrib. Tapi jangan khawatir, untuk kedai-kedai makanan banyak yang buka 24 jam. Yuk ah, siap-siap pulang dulu beristirahat sejenak dan hunting nasi kandar untuk makan malam....