Tuesday, July 10, 2012

Pengalaman yang Memperkaya Hati si Blogger bingung

Kelompok Emak-emak blogger ngadain gathering di Bandung....aduuuuuuuh kan rasanya belum genap satu bulan saya tergabung dalam Kelompok Emak-emak Blogger. Itu pun karena "kecelakaan" ikutan kontes blog yang diadakan oleh Group Emak2Blogger, mana belum ada yang saya kenal secara nyata, baru 'say hi' di Fb dan blog. Rasa tidak siap untuk berkumpul dan berbagi dengan yang lainnya di acara yang adakan di Festival Citylink. Tapi partner mendorong saya untuk ikut ambil bagian dari acara ini, katanya ini perlu untuk saya yang masing suka bingung ngeblog.

Here I come, hadirlah saya di acara ini dengan disambut oleh Makmin Mira dan dengan ramah menanyakan nama saya, Junita. Lalu duduklah saya di depan dengan perasaan kikuk. Tapi perasaan itu segara cair setelah acara sharing dimulai. Saya mendengarkan dengan seksama tuturan dari para "Suhu" blogger, mulai dari Mak Meti si Emak Blogger, Mak Iin bossnya Indiscript, Mak Nike dari internet sehat, Mbak Melly dari blogdetik, dan Mak Eri sang Ratu Korea yang berhasil menaklukan Cherry Belle.
Mak-mak tercinta ini berbagi cerita suka dan duka dalam duniablog, tulis menulis, dan mompreneur. Banyak hal positif yang saya ambil dalam acara presentasi ini. Masalahnya, saya adalah si blogger bingung yang perlu bimbingan arah untuk bisa mengerti mau dibawa kemana blog saya ini. Selain presentasi dari mereka, juga banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang diluncurkan oleh para peserta. Banyak dari pertanyaan-pertanyaan itu mewakili saya sebagai si blogger bingung. Selain itu, Mak Sary yang sibuk jadi asrot (asisten sorot) juga menggawangi kuis via twitter dengan hadiah dari Tabloid Nova. Hehehehehhe heran deh, yang menang kok bisa satu baris..... tukeran nge-tweet ya Mak....
Terus terang saja, saya punya blog tapi nggak jelas, dan nggak fokus maunya. Dari mulai pertama posting sampai sekarang pun masih suka bingung mengisi sang blog. Selain itu juga konsistensi dari saya sendiri juga suka turun-naik. Kesimpulannya ternyata, saya masih termasuk blogger yang masih peduli dengan pagerank dan statistik lainnya, jadinya setiap mau posting selalu kepikiran, nanti ada yang comment nggak ya, ada yang baca nggak ya. Saya ternyata menulis tidak dari dalam hati, jujur dan pamrih. Setelah mendengarkan semua rangkaian presentasi, disitulah saya merasakan bahwa saya itu belum apa-apa, saya itu membuat tembok berlapis-lapis yang menghalangi diri untuk ngeblog.

Sesi setelah makan siang nikmat timbel Ayam Farmawati, tidak menyurutkan langkah saya untuk bertahan dan mencari tahu lebih dalam lagi, walaupun saingan sangat berat, mata lima watt dan performing Cherry Belle di lantai dasar. Topiknya sendiri justru membuka wawasan saya. Mak Nike dan Mak Erri mendorong saya untuk tidak jaim dalam menulis blog. Pakem-pakem ngeblog yang bikin memberatkan untuk menulis harus dibuang jauh-jauh. Dan DUUUUUAAAARRRRRRR, tembok itu robohlah....... Jadilah Diri Sendiri!!!!!
Akhirnya saya mengambil ilmu dan kesimpulan dari seluruh pembicara dan presentasinya adalah sebagai berikut : 1. Mak Mira, memberikan penjelasan bahwa di KEB kita sama-sama belajar dan menginspirasi. 2. Mak Meti, memberikan ilmu bahwa jadi blogger itu karena kesukaan, dan hobi. 2. Mak Iin, mompreneur itu bisa dikerjakan dengan sangat profesional. 3. Mak Nike, menjadi blogger itu harus dari dalam hati not money oriented, untuk aktualisasi diri. 4. Mak Meli pentingnya berkomunitas, berbagi dengan orang yang memiliki kesukaan yang sama. 5. Mak Erri, jadi blogger adalah jadi diri sendiri. 6. Mak Indah, ngeblog cara berekplorasi untuk membangun personal branding seperti motonya blogdetik.
Dengan acara KEB ini, semoga saya jadi terbuka bahwa saya harus jujur dengan diri saya sendiri, menulis dari dalam hati, harus bisa mengekspresikan diri saya dan mengaktualisasikan diri, tidak terlalu banyak mikir yang bikin malah menghalangi niat menulis. Dan tentunya saya bisa meninggalkan label si blogger bingung karena saya mengenali arah mana yang saya tuju, walaupun pada awalnya blog gado-gado.
Terimakasih untuk semuanya yang ikut meramaikan suasana. Semoga dengan event gathering seperti ini kita bisa selalu berbagi inspirasi, because sharing is caring ya Mak......