Monday, December 3, 2012

how to make a picture looks good, maximize your gadget

Saya sebetulnya nggak terlalu pandai dalam mengolah kata-kata dalam blog. Oleh karena itu menampilkan foto yang enak dipandang mata menjadi penting kerena saya ingin bercerita lewat foto yang saya ambil. Motret juga nggak jago-jago amat, masih tahap belajar, bahkan untuk ngapalin the golden triangle aja perlu beberapa bulan untuk mengerti. Karena itu untuk  mendapatkan foto yang baik, saya belajar mengolahnya dengan proses digital. Sebetulnya saya tidak mengerti proses olah digital yang baik dan benar. Semua saya pelajari lewat membaca blog oranglain, google dan youtube.  Saya hanya mengolah setiap foto berdasarkan selera pribadi, bukan menurut pedoman baku olah digital. Software yang saya gunakan pun semuanya gratisan hasil download-an di itunes atau android. Hasil dari oldig (olah digital) dari handphone ataupun tablet tidak kalah hasilnya dengan hasil seorang profesional.. Menurut saya pribadi, software ataupun aplikasi foto favorit yang membantu saya adalah :
   
1. PS Express :  
dikenal juga sebagai Photoshop Ekspress. Fitur-fitur yang ada sudah sangat disederhanakan di bandingkan Photoshop yang biasa digunakan para fotografer profesional. 
photo.JPG

Fiturnya ada pengatur cahaya, contrast, sharpen, dll. Tapi yang sering saya gunakan adalah effect otomatis yang dibuatkan oleh PS express. Saya tidak usah berpikir panjang masalah contrast, dodging, burning, dll, tinggal geser-geser...voila, berubah lah foto saya menjadi cantik...


Hani ps



2. Top Camera
Masih menggunakan versi gratisan juga. Hampir sama dengan PS Ekspress hanya saja aplikasi ini mempunyai fungsi HDR (high dynamic range) yaitu menggabungkan tiga frame foto dengan pencahayaan yang berbeda menjadi satu foto. Hasilnya biasanya jadi lebih dramatis. 

photo.JPG

Foto diatas adalah foto Jembatan Siak yang diambil pada saat mendung dan langit kelabu. Kesulitan saya adalah mencari metering karena warna air dan langit yang sama. jadinya sendu hasil fotonya. Dengan bantuan top kamera, akhirnya saya mendapatkan foto langit yang biru walaupun timbul efek grainnny, tapi nggak apa-apa kan masih tetep cantik dan enak dipandang.  Jembatan siak
 

3. Picnik
Walaupun sudah almarhum, picnik adalah favorit saya untuk melakukan olah digital.  Sejak pindah ke google+ saya nggak pernah mencobanya lagi. Padahal hasilnya menurut saya sih paling oke kalo di oleh memakai picknic.com. Picnik mempunyai kelebihan yaitu, mengedit foto, memberi watermark dan membuat kolase dalam satu langkah mudah. Sayang banget, servis yang diberikan sudah tidak ada lagi.

 doclang

Setelah foto saya olah, biasanya saya sharing di flickr.com. Proses ini membutuhkan kuota dan sinyal yang kuat untuk membagikan foto saya di media sosial. Yang paling ngeselin banget rasanya kalo pas upload foto gagal karena terkendala karena internet yang dodol. Biasanya saya melakukannya jika ada wifi karena hanya wifi yang bisa mengupload foto secara simultan.

Biasanya saya suka mampir ke kafe atau tempat-tempat yang mempunyai wifi. Tapi sekarang hal ini tidak saya lakukan lagi karena selain menghabiskan ekstra uang untuk jajan juga harus menyediakan waktu. Kebetulan secara tidak sengaja, di Stasiun Kereta Api Bandung menunggu kereta pulang,  saya pada waktu itu berniat membuka e-mail melalui gadget saya. Tiba-tiba ada notifikasi bahwa ada wifi dan login yang otomatis. Ternyata karena saya menggunakan Indosat IM2, saya bisa terkoneksi dengan Indosat SuperWiFI langsung dengan internet tanpa memerlukan login terlebih dahulu. Dan asyiknya lagi, layanan super cepat dan gratis selama promo. Akhirnya saya bisa mengupload foto tanpa khawatir akan kuota, sinyal dan kelebihan jajan karena nongkrong di cafe.
 


Hasil foto-foto yang sudah melalui proses olah digital dan layak ditayangkan biasanya saya sharing di:

1. Instagram

 DSC_0075Instagram salah satu sosial media favorit saya karena mempunyai efek filter yang sangat menambah keindahan foto. Foto diatas diambil menggunakan hape dan saya share via instagram dan  menambahkan filter saja. Hasilnya Okay kan????

Les trois musketeer



2. Blog ini, saya suka bercerita lewat foto melalui blog tersayang saya ini,   
    sarijeruk.blogpsot.com

3. Pinterest, berbagi foto sambil berbagi ilmu. Banyak foto yang keren bisa dishare dan 
    dimanfaatkan disini. monggo mampir ke sini ya

4. Flickr, tempat menampung semua foto saya sebelum dipublish.


Jadi sudah siapkah anda untuk mempercantik foto anda dan membaginya dengan semua... Aplikasi apakah favorit teman-teman? Kalo begitu, yuk kita coba olah digital biar serasa fotografer profesional lho....