Friday, March 4, 2011

Roti Kasur Suka-Suka

Setiap hari Jumat biasanya anak-anak lebih lama menghabiskan waktu disekolah, jadi menu bekal harus agak mengenyangkan tapi praktis. Akhirnya diputuskan membuat roti kasur aja. Hehehhehe tapi salah resep, aku malah buat pake resep roti kejunya NCC Indonesia. Setelah jadi baru nyadar, tapi tak apalah. Membuat roti kasur itu tidak sulit, apalagi dibantu dengan Concerto. Jadi bahan-bahan kering dimasukkan pertama, terus putar deh engkolnya. Ditambahkan cairan, putar terus sampai dengan kalis. Apalagi anak-anak turut serta mutar si Concerto, jadi hemat tenaga deh sang ibu hehehhehe.

Asiknya roti kasur, memilih rasa melibatkan anak-anak. Rasanya suka-suka mereka, ada yang isi daging asap, keju, strawberry, coklat, selai kacang, dll. Asiknya lagi kita menyusunnya secara random, jadi nggak tau lagi rasa apa ada dimana. Nah ketika roti matang, kita maen tebak-tebakkan isi, jadi seru kalo dapet isi yang sesuai kita buat. Hmmmmm enaknya menikmati roti yang fresh from the oven.

Img_0406 Img_0409 Img_0408

ROTI KEJU
Bahan A:

500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
11 gr   ragi instan
1/2 sdt    bread improver
4 btr     kuning telor
200 ml  air Es

Bahan B:

100 gr  mentega/margarine
5 gr      garam

Bahan C: ( nggak dipake... Kan salah resep)

100 gr  keju cheddar parut
100 gr  mentega

Cara membuat:

Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan
B, uleni terus hingga kalis elastis. Istitirahatkan 20 menit.
Kempiskan adonan, potong timbang 40 gr, bulatkan. Istirahatkan 10 menit.
Aduk rata bahan C.
Ambil satu bulatan adonan, beri isi bahan C, bentuk lonjong.Lakukan untuk semua bulatan.
Diamkan 30 s/d 60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat mengembang ringan, poles atasnya dengan kuning telur kocok, panggang selama 20 menit, suhu 180 hingga terlihat keemasan. Angkat.

5 comments:

  1. aku malah pengen nanya Concerto, ini alat apa mba? kaya mixer kah?

    keliatannya yummi banget tuh mba...boleh deh dikirim ke rumah :)

    ReplyDelete
  2. Concerto itu kotak plastik ada engkolnya dan dalemnya ada semacam pengaduknya. Fungsinya untuk membuat adonan roti, pasta, menggiling daging untuk isian sosis. Untuk bikin roti jadi nggak cape, dan dijamin kalis. Alat ini manual, nggak pake listrik.saya belum pernah sih bikin pasta pake alat ini. Hmmmm seperti mesin pembuat mie.

    ReplyDelete
  3. Mbak, ada blognya bahasa Indonesia, atlasconcerto.blogspot.com. Saya beli punya ibu-ibu yang alatnya cuman jadi pajangan, daripada nganggur kan mending saya tawar qiqiqiiqiq. Yummy banget Mbak, apalagi masih ngepul.... Tinggal ditemani teh mais melati...Nikmat.

    ReplyDelete
  4. Jadi ngiler ni..
    koq yang ini ga datang buat testernya. :)

    ReplyDelete
  5. Aaaaaaahhhh....belum kebagian icip icipnya :(

    ReplyDelete