Tuesday, March 1, 2011

My mom is pizza maker

Walaupun awal bulan, tapi rengekkan anak-anak untuk mengunjungi gerai pizza tetep aja bikin aku mikir berkali-kali. Sudah terbayang kalo mampir kesana pasti bukan hanya pizza saja yang diminta, akan ada buffalo wings, pasta, ice cream dan minuman. Rasanya ya nggak suka aja untuk mengeluarkan extra uang disana.
Setelah dipikir-pikir, pengalaman membuat pizza bagi saya adalah suatu kegagalan. Rasanya beberapa kali saya punya masalah dengan roti/alas pizza yang bantat. Pasti di bagian tengah roti berbeda warna dan kerasnya minta ampun.
Kali in dengan Bismillah saya mulai membuat roti/alas pizza. Resepnya didapat dari buklet Atlas Concerto. O iya, Atlas Concerto itu sebuah alat untuk membantu membuat adonan roti. Bentuknya kotak (pas bikin roti nanti aku posting ya fotonya), tinggal memutar tuasnya untuk beberapa menit, adonan kalis siap diolah. Untuk rasa, bolehlah... Terbukti dari komentar teman dan ciuman dari anak-anak tercinta.


Pizza ala Concerto
Bahan Roti :
500 gram Tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
1 sdm Margarin (Blue Band)
4 sdm Gula pasir
3 butir Kuning telur
1 sdm Susu bubuk
1 sdt Garam
1/2 bungkus Ragi instan
200 cc Air dingin

Bahan Saus:
1 buah Bawang bombay, dicincang halus
1 siung Bawang putih, cincang halus
2 sdm Minyak zaitun (boleh diganti minyak goreng biasa)
200 gram Tomat segar (pilih yang matang dan tidak kecut)
400 gram Saus tomat botol (Del Monte), bisa diganti dengan 5 buah tomat segar, rebus + parut
50 gram Pasta tomat (Del Monte)
1 sdt Basil
2 sdt Oregano
1 sdt Garam (atau sesuai selera)
1/2 sdt Gula (atau sesuai selera)
1/4 kg Daging giling

Bahan Topping:
Keju mozarella (jangan diganti dengan keju yang lain), diparut panjang-panjang

Cara membuat:
1) Saus: panaskan minyak, tumis bawang bombay & bawang putih, masukkan pasta tomat & tomat segar, masukkan daging cincang, aduk-aduk & masak saus hingga kental dan meletup-letup. Masukkan garam, gula, oregano, basil. Aduk sebentar, angkat dan dinginkan.

2) Roti: masukkan semua bahan kering ke dalam Concerto (kecuali garam & mentega), masukkan telur , masukkan air 150 ml sedikit-sedikit. Aduk sampai agak rata. Pertama-tama adonan akan berbutir seperti havermut. Lama-lama adonan akan berbutir lebih besar seperti popcorn. Masukkan air lagi sedikit demi sedikit kalau adonan terlalu kering. Setelah adonan agak kalis (menyatu), masukkan garam dan mentega. Aduk lagi hingga adonan kalis benar.

3) Proofing pertama: bulatkan & letakkan adonan yang sudah kalis di atas meja yang sudah ditaburi tepung, tutupi dengan plastik supaya permukaan tidak menjadi kering. Biarkan selama 10 menit supaya adonan menjadi rileks.

4) Proofing kedua: potong-potong adonan sesuai keperluan, bulat-bulatkan, tutup dengan plastik, istirahatkan lagi selama 30 menit.

5) Proofing ketiga: gilas masing-masing bulatan, bulatkan lagi lalu bentuk menjadi lempengan tipis seperti piring (jangan tebal-tebal karena adonan akan naik). Tusuk-tusuk dengan garpu. Biarkan selama 30 menit.

6) Topping: panaskan oven. Roti siap untuk Diolesi dengan saus tomat. Hias dengan bahan topping sesuai selera. Tutupi dengan parutan keju mozarella hingga tertutup.

7) Panggang selama 15 menit pada suhu 180 °C hingga matang. Untuk pizza mini, cukup panggang selama ±12 menit.