Tuesday, February 21, 2017

Lima teknologi tepat guna saat musim dingin tiba

Tahun ini merupakan tahun kedua saya mengalami musim dingin di Hamamatsu. Perubahan suhu yang berangsur-angsur ke satu digit dan malah ke minus harus dihadapi saya tanpa bisa ditawar lagi. Yang pasti jadinya mager dan ngemil terus... udah kebayang naek sepeda kena angin..brrrrr.

Dulu, seingat saya, gambaran menghadapi salju dan musim dingin yaitu menggunakan pakaian tebal supaya badan tetap hangat. Tapi kalo diperhatikan, penduduk lokal kayaknya nggak terganggu dan beraktifitas biasa aja dengan suhu yang rendah ini. Setelah diselidiki (hahahhah kayak detektif partikelir aja) kok bisa udara dingin gini masih pake celana pendek, ternyata mereka memanfaatkan teknologi yang menurut saya tepat guna dalam menghadapi dingin. Jarang orang Jepang memakai jaket tebal (kecuali di Hokkaido yang memang selalu bersuhu minus) selama fuyu (winter). Dan inilah teknologi yang bikin saya takjub cara mereka menghadapi musim dingin. Saya nggak tau pasti apa di negara yang memiliki musim dingin menjual pula peralatan seperti yang ada di Jepang, Apa aja sih yang bikin mereka selalu nyaman selama musim dingin, yuk dibahas.... Barang-barang ini juga bermanfaat buat teman-teman yang pengen menikmati fuyu (winter) di sini.

1. Pakaian dengan teknologi Heattech
 photo 81B5063D-ACA3-43F4-8300-43943332D99E_zpsz6h5ahw5.jpg
sumber :jpgo1688.pixnet.net
Bukan Jepang kalo nggak ngulik apapun, contohnya produsen pakain Uniqlo menemukan teknologi heattech untuk menghadapi musim dingin. Teknologi ini menahan dan membuat badan tetap hangat dari kelembaban kulit manusia. Terus nggak bikin bau badan lagi walaupun dipakai lebih dari sehari. Bahannya tipis dan ringan tapi hangatnya mungkin lebih dari jaket tebal. Jadi teknologinya kehangatan diciptakan dari badan pemakai produk ini. Makanya jangan heran kalo melihat orang jalan-jalan memakai celana pendek dan stocking nggak kedinginan.... karena beliau-beliau ini memakai produk yang sangat.inovatif ini,  tetap bergaya di musim dingin. Harganya juga nggak terlalu mahal, cuman pilihan model dan warna saja yang terbatas. Pernah suami saya iseng make heattech di Bandung, hasilnya seluruh badannya mandi keringat. Saya belum dapet info apakah di Jakarta sudah tersedia produk ini. Untuk bocoran saja, atasan heattech bisa dibandrol sekitar 790Y. Level kehangatan yang dijual juga beragam, ada heattech, super heattech dan ultraheattech, disesuaikan dengan keinginan pembeli.

2. Kairo

 photo 34513554-000F-4FAB-B1A1-524BAEB85DD8_zpsnslrpegb.jpg

Kairo ini bukan nama ibukota Mesir atau nama restoran kambing muda terkenal ke-2 yah (entah kenapa pake nomor 2 bukan nomor 1). Tapi kairo disini adalah butiran dalam pack ajaib yang bisa memberikan kehangatan instan. Nggak percaya? Lihat saja orang Jepang suka memasukkan tangan ke saku karena di dalam sakunya mereka menaruh kairo ini. Kairo adalah teknologi kimia dalam kantong. Saat dalam kemasan, hanya seperti suara pasir saja, tapi saat dibutuhkan, buka bungkusnya, kocok-kocok dan ta...da.... rasa hangat pun datang. Dan kehangatan yang diberikan kairo bisa bertahan sampai 20 jam. Kairo juga tersedia untuk ditempel di baju dalam sebagai ekstra penghangat. Dengan kairo, seakan-akan membawa heater portable kemana pun pergi. Produk ini mudah ditemukan di kombini (supermarket mini seperti 7-11). Tapi untuk yang sensitif, dicoba dulu ya soalnya ada yang alergi sama produk yang satu ini. 

3. Air Conditioner alias AC
 photo B6F2C363-F6C9-4300-A20A-F9C8EC4F602A_zps8pxqya0a.jpg

Lho kok musim dingin malah dikasih AC, masa dingin dikasih dingin lagi .... bentar dulu sodara-sodara sekalian ini AC bukan sembarang AC, tapi ini AC ajaib...wkwkkwkwkwk serasa nonton film Benyamin S. Satu hal yang  bikin saya takjub disini, yang namanya AC itu bener-bener real air condtioning saat panas dia mendinginkan ruangan dan saat dingin dia menghangatkan ruangan. Fungsi AC disini selalu dobel, panas (dambo) dan dingin (erkon). Cuman pemakaian harus bener-bener dipikirkan, namanya aja alat listrik, pasti nyedotnya asoy geboy. Oleh karena itu tagihan listrik terbesar selalu di musim dingin dan musim panas. Cara memakai AC yang bisa panas-dingin ini sama saya, hanya di remote pilih yang atatakai alias menghangatkan. Tapi kalo nggan punya AC gimana? tenang ada heater. Saya kebetulan dapet warisan heater mini portabel dari senpai. Jadi kalo lagi sendirian saya suka masang heater aja, lebih hemat daripada masang AC. Lagian karena portable bisa dipindah-pindah, lebih praktis. 

4. Kotatsu
 photo 9E7970DE-F508-4299-841C-074869F04BC8_zpsvpjpuxyr.jpg
Sumber : fatcherry.de
Mungkin selain pintu dan kantong ajaib, benda ini yang memberikan keajaiban ala Doraemon, Kotatsu. Kotatsu adalah meja dengan pemanas, dan supaya panasnya awet ditutup dengan taplak setebel futon. Jadi hangatnya juara banget deh ini meja. Bayangkan betapa bahagianya pas dingin menyerang, kista masuk kotatsu sambil makan mie baso..... keajaiban. Sama seperti, kotatsu juga menggunakan tenaga listrik untuk pengoperasiannya. Biasanya kotatsu dipasang saat keluarga berkumpul dan menikati bersama kehangatan dari kotatsu. Menurut website Nitori, kotatsu baru sekitar 7000Y. Lengkap dengan selimut hangatnya. Kalo udah masuk sini, yakin kul yakin semua bakalan mager.

5. Vending Machine
Kalo musim dingin yang ada kerongkongan kering karena kelembaban hilang. bawaannya haus melolo tapi keinginan sih minum minuman hangat. Nah emang bisa, emang mudah....tentunya asala bisa baca petunjuk. Tapi bnuat temen-temen yang sulit baca kayak saya, jangan khawatir, tempat vending machine gampang deh dimerngerti.... apalagi kalo ada uang. Nah, memasuki musim dingin, para produsen minuman pun berinovasi dengan menciptakan mesin vendng dengan minuman hangat tanpa melupakan minuman dingin. Contohnya gambar dibawah ini. Nah kalo temen-temen kepengen menikmati minuman panas disaat dingin, tinggal pilih dari barisan yang berwarna merah ya. Jangan salah pencet yang biru, nanti malah calpis dengan es  yang keluar. Nah saya suka bingung cara misahin mimuman panas dan dingin di dalam mesinnya. Kebayang kan kalo ke campur malah jadi nggak kesana dan kesini.
 photo 1097EA1E-F47A-4BCC-BA37-CC7F60BAF2BF_zpsudlnx2ss.jpgDemikianlah eberapa contoh teknologi tepat guna yang saya rasakan di Jepang. Buat teman-teman yang mau mampir ke Jepang saat musim dingin atau mau maen ski, pengenalan produk-produk penghangat di atas sangat berguna. Selain itu nyarinya juga nggak susah bisa dikombini,supa, dan di apotek terdekat.dari semua barang diatas paling suka ama baju dan kairo..... bener-bener penolong usir dingin. Juara deh penemuannya.....sangat bermanfaat....

16 comments:

  1. jepang emsng juara soal tehnologi, ada saja yg inovatif tercipta dari hal hal kecil, kalo nonton nhk mpe heran, detail sekali mereka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. entah gimana cara berpikirnya mereka, selalu ada inovasi tiap harinya. Apa karena sadar alam tidak bisa dilawan tapi harus diakali ya?

      Delete
  2. Kalau saya paling pengen nyobain kotatsu.. Kayaknya enak berada di sekitar itu dan bermalasan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sekali nyoba pasti lupa berdiri... nyaman banget. Apalagi sambil makan dan nonton TV. Bisa ketiduran disitu hihihihihii

      Delete
  3. wahhh emang 5 teknolgi itu sangat membantu sekali.. makasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari kesini Naufal dan rasakan hangatnya hehehhehe

      Delete
  4. Lihat kotatsu itu jadi ingat rumah2 orang tengger di bromo. Mereka juga punya tungku diruang tamunya tapi sederhana saja sih. Semoga tetap anget ya disana, kebayang dinginnya kayak gitu aku pasti freak out. Kalau dirimu udah terbiasa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini tungku dengan api nggak populer Mak, mengingat apato yang compact dan super kecil. Heheheh untungnya saya datangnya pas musim gugur jadi ngerasian dinginnya dikit-dikit dan tau tau dingin banget. Makasih Mak Lusi sudah mampir dan menyemangati aku ya...peluk :)

      Delete
  5. Sar, aku ngga pernah denger si Kairo itu enak juga ya pake itu kemana2, aku lg rasain Winter pertama kmrn suhunya sampai -30 brrrr. tar mau cari si kairo itu ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah,. minus 32... saljunya setebel apa? Jangan-jangan nggak bisa keluar rumah karena pintu ketutup salju. Salam kenal dari sini ya Mak Sari...

      Delete
  6. Keren ih orang2 Jepang. Selalu inovatif. Pantesan mau ditempa masalah apapun orang Jepang selalu bisa mengatasi ya, karena passion mereka untuk berinovasi, nyari solusi, luar biasa tinggi. Salutlah. Wah baju heattech boleh tuh buat naik gunung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang utamanya mah selalu berpikiran positif, melakukan yang terbaik dan ganbarimasu. Semoga bangsa kita bisa begini ya nanti

      Delete
  7. Orang Jepang memang juaranya mengatasi tantangan alam, ya. Salut.
    Pakaian dengan teknologi Heattech itu jempol deh. Boleh juga tuh untuk yang tinggal di daerah dingin di Indonesia.
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam lagi. Iya, idenya ampun deh mereka, padahal dimulai dari hal yang sederhana saja terus serius jadi ide cemerlang.....

      Delete
  8. weew ini gadget-gadget jepang buat ngadepin musim dingin beneran baru tahu saya, wuaah mantaap ini...pantesan orang sama kayak cuek bebek ajah jalan2 di musim dingin nggak pake jaket tebel

    ReplyDelete
    Replies
    1. musim dingin kayak apa aja mereka masih pada modis hehehehhe. Daripada pake baju berat berton-ton dan ngabisin sumber daya alam, mendingan nyiptain inovasi ya hehehehehhe

      Delete