Monday, August 27, 2012

Bolu Gulung Mini

Lagi iseng-iseng mo ngabisin stok bahan-bahan di dapur, eh kebetulan nemuin resep bolu gulung. Berhubung requestnya orang rumah yang pengen bermacam-macam rasa, akhirnya dibuatlah bolu gulung mini dengan isi selai strawberry, skippy dan keju ala bolu meranti, medan.

Bolu gulung mini

Bolu gulung adalah jenis sponge cake. Cara membuatnya ada dua cara, pertama gula dan telur dikocok dahulu sampai putih dan mengembang, atau seluruh bahan kecuali mentega dan vaili pasta dicampur dan dikocok sampai putih. Hasilnya akan sama baiknya. Saya pribadi lebih suka memakai metode yang kedua, karena lebih praktis dan tidak banyak memakai alat. Sedangkan proses lainnya sama saja dengan bolu gulung ukuran normal. Hanya saja perbedaannya adalah si bolu dibagi sehingga ukurannya jadi mini dan kecil. Dan cara menggulungnya lebih mudah karena lebih kecil, jadi sekali gulung, dan tarik langsung deh bulat-bulat.

Loyang bolu

Dalam membuat bolu gulung, hal yang paling penting adalah memanggangnya dalam api suhu tinggi dengan waktu yang tidak lama, sekitar 15 menit. Dan pada saat-saat terakhir, awasi si bolu dengan seksama. Jaga sang bolu jangan sampai terpanggang terlalu lama dan kering, karena akan mengakibatkatkan bolu sulit untuk digulung dan pecah. Bolu yang saya panggang ini juga rasanya sih terlalu coklat, tapi untungnya tidak sampai kering dan keras. Sedangkan cara menggulungnya juga sebetulnya mudah, sekali bolu tergulung, kita tinggal hanya mendorongnya sampai bolu tergulung habis. Dan tarik kertasnya untuk memadatkan gulungan bolu.


Jangan lupa, setelah keluar dari oven, buru-buru si bolu dikeluarkan panas-panas ya. Soalnya teksturnya masih fleksibel dan langsung digulung tanpa isi, dan ujungnya diikat. Setelah dingin, ikatan dibuka dan baru diberikan isi. Gulung kembali dan ikat sampai waktu penyajian. Gulungan kedua akan lebih mudah karena proses penggulungan sebelumya.

Siap digulung


Resep Bolu Gulung (taken from Bunda Inong's blog)

7 Kuning telur
4 Putih telur
80 gr Gula pasir
1 sdm SP
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Maizena
1 sdm Air
50 gram Terigu
1 sdt Baking powder
65 gram mentega cair
1 sdt Pasta vanilla

Cara membuat:

1) Panaskan oven di suhu 200 °C. Olesi loyang dengan margarine, lapisi kertas roti.
2) Campur semua bahan menjadi satu (kecuali mentega & pasta vanilla), kocok sampai
lembut, kental dan jejak pita
3) Tambahkan mentega dan vanilla, aduk rata
4) Tuang ke dalam loyang 22 x 30 x 3 cm
5) Panggang dengan suhu tinggi selama 15 menit
6) Keluarkan dari oven, balik ke atas kertas roti, gulung. Diamkan sampai bolu sudah sedikit dingin, buka gulungan kertas roti, poles selainya, gulung lagi dengan ketat.

Triomini roll