Monday, August 6, 2012

Ada pelangi di pudingku....

Kalo lagi buka puasa, kayaknya yang kepikiran adalah makanan ringan manis dan dingin. Puding jadi salah satu pilihan saya karena proses pembuatan yang mudah dan waktu yang dibutuhkan yang sebentar. Jenis-jenisnya pun bermacam-macam, ada puding sutra, puding busa, puding bavarois, puding custard, puding susu, dll. Kali ini saya membuat puding susu pelangi, karena kena demam serba pelangi yang lagi digandrungi semua orang. Dasar resepnya adalah puding almond gelas yang saya ambil dari web ncc, hanya saja pada saat pencetakan saya bagi 6, dan dibuatlah warna pelangi.

photo.JPG

Proses pembuatan puding ini hampir sama dengan versi cakenya, artinya tiap lapis harus diberi warna satu persatu. Enaknya membuat puding ini tidak boros telur dibandingkan versi cakenya. Hanya saja tetap diperlukan kesabaran dalam melapisi setiap warnanya, harus rela menunggu sampai agak beku supaya warna puding tidak tercampur.


Untuk toppingnya, bisa pake vla atau kalo lebih simple lagi, pake saja buah-buah kaleng dingin yang pasti menambah kesegaran si puding pelangi ini. Yuk, buat yuk... resepnya ada di bawah ya

photo.JPG

Puding pelangi (based on puding almond gelas ncc)
Bahan:
1 ltr susu segar
1 bks agar-agar bubuk putih
250 gr gula pasir
1 sdt essence almond
6 buah pewarna makanan
1 klg fruit cocktail, siap beli.

Cara membuatnya:

Masak sambil diaduk-aduk: susu, agar-agar dan gula pasir hingga mendidih. Matikan api, masukkan essence almond, aduk rata. biarkan uapnya hilang.
Bagi enam bagian dan berikan warna-warna pelangi
Tuang agar-agar kedalam cetakan setiap warnanya, tunggu sampai beku tuang warna lainnya sampai habis
Bekukan dalam kulkas hingga saat disajikan. Jangan lupa, berikan topping buah kaleng. Puding siap disantap untuk berbuka puasa.