Monday, August 6, 2012

Ada pelangi di pudingku....

Kalo lagi buka puasa, kayaknya yang kepikiran adalah makanan ringan manis dan dingin. Puding jadi salah satu pilihan saya karena proses pembuatan yang mudah dan waktu yang dibutuhkan yang sebentar. Jenis-jenisnya pun bermacam-macam, ada puding sutra, puding busa, puding bavarois, puding custard, puding susu, dll. Kali ini saya membuat puding susu pelangi, karena kena demam serba pelangi yang lagi digandrungi semua orang. Dasar resepnya adalah puding almond gelas yang saya ambil dari web ncc, hanya saja pada saat pencetakan saya bagi 6, dan dibuatlah warna pelangi.

photo.JPG

Proses pembuatan puding ini hampir sama dengan versi cakenya, artinya tiap lapis harus diberi warna satu persatu. Enaknya membuat puding ini tidak boros telur dibandingkan versi cakenya. Hanya saja tetap diperlukan kesabaran dalam melapisi setiap warnanya, harus rela menunggu sampai agak beku supaya warna puding tidak tercampur.


Untuk toppingnya, bisa pake vla atau kalo lebih simple lagi, pake saja buah-buah kaleng dingin yang pasti menambah kesegaran si puding pelangi ini. Yuk, buat yuk... resepnya ada di bawah ya

photo.JPG

Puding pelangi (based on puding almond gelas ncc)
Bahan:
1 ltr susu segar
1 bks agar-agar bubuk putih
250 gr gula pasir
1 sdt essence almond
6 buah pewarna makanan
1 klg fruit cocktail, siap beli.

Cara membuatnya:

Masak sambil diaduk-aduk: susu, agar-agar dan gula pasir hingga mendidih. Matikan api, masukkan essence almond, aduk rata. biarkan uapnya hilang.
Bagi enam bagian dan berikan warna-warna pelangi
Tuang agar-agar kedalam cetakan setiap warnanya, tunggu sampai beku tuang warna lainnya sampai habis
Bekukan dalam kulkas hingga saat disajikan. Jangan lupa, berikan topping buah kaleng. Puding siap disantap untuk berbuka puasa.

26 comments:

  1. Replies
    1. Ini mah puding biasa Teh, hanya ditambah warna warni sajah

      Delete
    2. kunjungan perdana...salam kenal mbk :D
      huwaaaaaaaaaaaaaa sedapnya,lagi booming pelangi ya sekarang mbk :D

      Delete
    3. terimakasih untuk kunjungannya. Iya nih, semua orang lagi demam si pelangi

      Delete
  2. tunggu..tunggu... kan dimasaknya bareng, trus pas dibagi beberapa warna nyetaknya gimana, mba, apa ga bersamaan semua bekunya?
    btw, pudingnya kereen banget ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh, kalo saya sih ambil satu bagian dari panci, beri warna tuang ke cetakan dan masuk freezer, setelah agak beku timpa lagi dengan warna lain. Nah sisanya kalo beku dipanasin lagi aja Mbak...

      Delete
  3. warnanya bikin ngiler mbak ^^
    try this at boarding house deh nanti. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja, gampang kok. Kalo adonan lain belum dimasukkin cetakan tapi keburu dingin, panasin aja lagi di kompor.... pasti lumer lagi. Kalo pewarna mah pake feeling aja ya. Kalo udah ada warnanya, langsung tuang aja

      Delete
  4. cantik banget warnanya, bisa di coba di rumah ini apah lagi gampang buat nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang dan nggak pake lama lagi.... hayoooo dicoba Mbak Niar

      Delete
  5. gampang bgt yah bikinnya..nanti lebaran nyoba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobanya sekarang aja, jadi pas lebaran udah mahir... Ayo semangat Melly.

      Delete
  6. wah2, so yummy..

    aq salah buka blog nie..

    ntar bis buka aja dah.
    menggoda Iman q..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahhahah kalo liat aja sih nggak apa-apa, asal jangan masuk tenggorokan

      Delete
  7. cantiiik pudingnya...
    nunggu kiriman aja aah he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhahahah siap-siap.....ditunggu saja ya Kak

      Delete
  8. sekarang lagi banyak model kue dengan warna seperti in ya.... kelihatannya enak nih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkat blogger juga, segala yang berbau rainbow pasti laku deh. Mau nyoba, mari mampir...

      Delete
  9. rainbow puding keren mbak, pengen nyontek ya bikinnya boleh kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Mbak... gampang kok bikinnya dan tidak lama...

      Delete
  10. slurp... mbak mauuuuuu sayaaaa... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk... sekalian halal bi halal nanti ya

      Delete
  11. Replies
    1. tapi versi cakenya belum bisa tebal dan secantik ini, hiks...

      Delete
  12. Astagaaaa...
    puasa puasa kok ketemu beginian siiiih...
    kejaaaaam...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehhe berarti bisa menggeser marathon the running man ya.... ah, nantikan edisi yang lebih kejam lagi ya kekekkekeke, edisi ngabibita bibi titi teliti part 2.... awas meluk kulkas ah...

      Delete