Wednesday, June 15, 2011

Being educated in Singapore

Perjalanan kali ini suprising untuk kedua anakku tercinta. Niatnya sih pengen memperkenalkan bahwa ada negara yang sudah maju dan teratur. Jadi bukan mau sok gaya-gayaan gitu. Anak-anak sangat excited dengan adanya MRT, jembatan bawah tanah, Marina Bay, dll. Apalagi Nabil yang entah kenapa sangat nge-fans berat dengan Dhoby Ghaut Station.

Kali ini kita tidak menghabiskan waktu di Universal Studio, karena perbedaan tinggi badan si besar dan si kecil yang sangat signifikan bakal menimbulkan keributan kecil. Jadinya kita hanya menonton pertunjukan kembang api di USS yang ada setiap malam weekend. Tiketnya dijual setelah USS tutup. Dengan membayar S$5 kita bisa menikmati USS saat malam dan menonton kembang api pukul 22.00.

Sebetulnya kalo bawa anak-anak sih nggak terlalu ribet kalo kita mengikuti maunya anak. Kita menghabiskan waktu di Pantai Sentosa karena ternyata anak-anak lebih enjoy maen pasir daripada melihat mainan lainnya. Jangan lupa untuk berbekal makanan ringan dan berat, karena harga makanan di Sentosa lebih mahal daripada di Singapura. O iya, di Siloso Beach ada pertunjukkan Song of the sea yang pasti anak-anak suka. Kalo bisa sih, ketika sampai di Sentosa cepat-cepat nyari tiket booth untuk penjualan tiket ini karena cepat habis terjual. Ada dua pertunjukan setiap harinya, kecuali weekend ada pertunjukan ketiga. Worth it lah nonton yang satu ini.

Saya lebih suka untuk ekspole Singapore dengan bis karena lebih seru saja. Bis disana tidak menerima uang tetapi untuk membayar karcis memakai kartu EZ-Link. Nah sebelum pergi saya sudah kasak-kusuk meminjam kartu ini pada teman-teman lain, karena lebih murah memakai kartu EZ dari pada beli tiket single fare.

Untuk penginapan, saya memilih ABC hostel, di Jl Kubor 3 .www.abchostel.com.sg  deket dengan Bugis MRT Station. Dengan harga yang terjangkau, hostel ini juga menerima tamu keluarga dengan anak-anak (kebanyakan hostel hanya menerima anak diatas 12 tahun). Dapet breakfast sepuasnya, ada air panas untuk menyeduh Pop Mie 24 jam, internet gratis. Ah, pokoknya mah kalo  mau jalan-jalan aja sih nggak usah ngeluarin uang terlalu banyak, asal nggak tergiur ama barang-barang di Mall pasti deh aman isi dompet.

Photo

Photo

Photo