Monday, May 23, 2011

Penaklukkan Gurame di Dapur

Baking? Oke lah tapi untuk urusan cooking, rasanya saya selalu ciong dengan urusan wajan, katel dkk. Skill saya untuk masalah masak rasanya kurang memadai. Pasti rasa masakan saya tidak seistimewa kue-kue yang saya buat. Saya lebih akrab dengan tepung dan mentega dibanding dengan garam, bumbu, merica, dll. Saya suka bingung sendiri kalo harus mencicipi, apa yang kurang ya...

Tapi kali ini saya memberanikan diri memasak, karena sang suami protes dengan masakan si Teteh yang katanya bosenin dan udah mentok. Padahal saya sendiri juga nggak teralalu mahir untuk masak. Akhirnya dipilihlah resep ikan yang paling sederhana dari koleksi primarasa jaman baheula. Walaupun ada modifikasi untuk resep seperti pasta tomat yang diganti denga tomat segar dan tak ada youghurt, voila... Ikan nya enak juga lho. Cuman rasanya kurang berani aja karena saya takut pake garam dan penambahan gula supaya gurih. Dan kalo untuk yang suka pedas, bisa ditambahkan irisan cabe rawit yang pasti bikin nambah makyuss...

Walaupun ini perdana, tapi lumayan nambah pede kalo harus turun tangan ke dapur lagi. Hmmm semoga dilain kesempatan bisa bikin masakan yang lebih enak lagi deh.


Gurame Panggang
Bahan:
1 ekor ikan gurame (750gr)
1sdm air jeruk nipis
1/2 sdt garam
Margarin untuk olesan
3sdm minyak goreng untuk menumis
6 siung bawang putih iris
3cm jahe, cincang
12 butir bawang merah, iris
2-3 batang daun bawang, iris 1 cm

Bumbu : campur jadi satu
1sdt merica bubuk
2 sdm tomat pasta
2sdmkecap manis
1sdm yogurt
1sdt garam

Siangi ikan buang sisik dan isi perutnya, cuci bersih biarkan utuh. Beri guratan pada badan ikan lalu lumuri dengan campuran jeruk nipis dan garam. Sisihkan selama 10 menit. Panaskan oven pada suhu 150c, olesi loyang tahan panas dengan margarin. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe sampai harum, masukkan bawang merah dan campuran bumbu. Aduk sampai tercampur, angkat. Masukkan ikan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Olesi dengan bumbu tumis sampai rata. Diamkan selama 10 menit sambil dibalik-balik.

Tutup loyang dg aluminium foil, masukkan ke dalam oven, panggang selama 20 menit. Setelah itu buka tutupnya taburi daun bawang, lalu panggang kembali selama 5 menit, angkat

Sajikan ikan panggang bersama loyangnya, atau pindahkan ke dalam piring saji dan nikmati selagi hangat.