Thursday, July 14, 2022

Life begins at 50. Sekarang atau 50 tahun lagi?

Rasanya harus percaya kalo tahun ini saya sudah tidak seksi lagi (seket kurang siji), tapi sekarang officially pas 50 tahun umur yang diberikan sama Gusti Allah. Ya pastinya lah nginget-nginget ke belakang sedikit, apa sih yang udah dilalui, apa yang dijalani, terus bersyukur akhirnya nyampe juga ke usia yang sekarang. Terus ngitung, wah 7 tahun lagi berkarya plus setahun MPP itu juga jika diizinkan oleh pemilik semesta.

Gimana rasanya kepala 5? rasanya sih nggak ada bedanya dengan kepala 4 atau kepala 3. Hidup saya nggak berubah drastis, cenderung stabil, orang datang dan pergi di kehidupan saya. Ada yang menyenangkan, ada yang menyebalkan atau ada yang jadi pelajaran. Deep inside sih nggak ada yang beda, masih tetap jadi orang yang slow, nggak buru-buru, nggak ngejar banyak hal, ya dikerjakan aja. Saya nggak suka dengan kata dijalani aja, soalnya kepaksa seperti nggak ada pilihan hidup. Saya lebih suka ya dikerjakan saja, masih ada rasa semangat dalam melakukannya. 



Terus ada juga banyak hal yang masih ingin dicapai pas sesudah umur segini. Diantaranya, masih kepengen langsing tapi hobi makan, pengen glowing tapi nggak mau beli skin care mahal, pengen punya akun shutterstok tapi males motret, pengen punya postingan di medium tapi males nulis. Sempurna banget ya keinginannya hahahhahaha.

Eh tapi bener loh, untuk beberapa saat kebelakang saya mulai aktif lagi buat mencapai keinginan-keinginan  yang banyak banget syarat dan ketentuannya. Kepengen langsing, akhirnya saya rutin tiap hari jalan kaki pp rumah kantor, lumayan sehatnya udah dapet. Pengen glowing, udah rajin mandi sekarang sejak kerja full lagi hehehehehe. Nah tinggal yang meninggalkan jejak digital kayaknya harus dimotivasi maksimal. 

Shutterstock begitu menggoda saya, bukan karena pendapatannya yang mungking too good to be true buat pemalas seperti saya. Sempet kepikiran apa yang akan saya lakukan mendekati masa pensiun nanti. Kepikiran sih buat ikut-ikut usaha, punya franchise, dll. Tapi temen saya mengingatkan, woooiiiii pensiun mo jadi pengusaha, betapa telatnya. Mental kita nggak tertempa untuk punya bisnis sendiri, mental kita pegawai. Ngapain ikut-ikutan tapi nggak paham yang bakal dilakukan. Nah, kamu kan punya kamera, punya taste buat motret. Kenapa nggak itu aja didalami lagi. Kan udah nggak usah pake modal lagi. Saya sih cuman jawab, jiah jualan foto di internet kapan dapet duitnya......

Temen saya sih ngingetin, masih ada 8 tahun lagi buat kamu nyetok foto di internet. Hasilnya nggak sekarang tapi dinikmati saat nanti pensiun. Bahkan dengan belajar sekarang mungkin di tahun pensiun skill juga udah lebih baik, feel sama kamera juga udah lebih akrab. Ini kan buat nanti bukan sekarang. Bener juga sih kata dia. Kenapa nggak saya mengerjakan hal yang saya sukai dan saya kuasai. Nggak ada yang instant (kecuali Mie dan Pinjol), semua butuh proses. Well, 8 tahun waktu yang cukup buat nguasai lagi motret. Dengan catatan semoga saya bisa konsisten hahahhahhahahah kita liat aja deh

Terus soal posting di medium, temen saya juga bilang, cara menulis saya runtun. Coba aja buat ngeluarin uneg-uneg disana. Hmmm tapi kalo yang ini saya nggak yakin bakal konsiten. Blok menulis saya banyak banget, apalagi harus konsisten. Entah saya kurang suka menulis atau gaya-gaya an pengen eksis atau entahlah. Untuk bisa posting itu butuh effort yang luar biasa buat saya. Ya, Roma tidak dibangun dalam seminggu, jadi jangan harap posting di medium juga ujug-ujug kualitasnya meningkat. Wong nulis disini aja udah ogah-ogahan. Cuman saya masih pengen sih sharing tulisan baik yang ringan ataupun yang berat. Cuman ya itu kudu di drive sesuatu yang bikin saya semangat.

Nah, buat narik semangat makanya maaf banget kalo saya jadi kebanyakan curhat disini. Bukan apa-apa, saya masih membutuhkan skill menulis saya untuk menunjang pekerjaan  sekarang ini. Menghadapi tsunami milenial itu sangat sesuatu buat saya. At least saya punya skill khusus yang lebih advanced dari mereka, ya apalagi kalo bukan berbahasa dan menulis. Mo adu excel mah udah nyerah duluan deh ama milenial yang dari lahir udah mahir ngetik "SUM", sedangkan saya buat nyalain kalkulator scientific aja masih bingung. 

Nah, teman, adakah yang sudah aktif menulis di medium, upload foto di shutterstock. Kalo boleh, sharing dong pengalaman, tips dan triknya di kolom komen. Yah mumpung masih semangat memperbaiki tulisan dan skill motret supaya bisa jadi bekal saya ke dapan nanti. Janji ya, teman share. Itung-itung sebagai kado terindah untuk saya yang sudah kepala 5 ini. Ditunggu loh masukkannya.....


SENGKYU......

2 comments:

  1. Haiiii Mbak Junita, salam kenal :D Waaah, selamat yaaaa atas usianya yang keren :D Semoga semakin berokah kehidupannya bersama keluarga tercinta aamiin. Bertambah usia tentu semakin bijaksana ya dan lebih pandai mengelola waktu, sehingga bisa deh masukin foto ke shutterstock, mantaaap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mampir kemari Mbak. Iya nih, sepertinya shutterstock sama kayak blog ya kudu konsisten. kelemahanku adalah konsisten Mbak..... nggak masih muda nggak sekarang sama hahahhaha

      Delete