Monday, August 31, 2015

Dari temen jadi demen (From Friendship to Fellowship)

Kalo baca judulnya pasti langsung yang terbayang sinetron kejar tayang yang setia nongkrongin televisi di rumah-rumah kita. Tapi sumprit, judul ini nggak ada hubungannya dengan TV ataupun dengan sinetron, judul ini cuman terjemahan bebas (sebebas-bebasnya) dari kata-kata inggris friendship to fellowship yang nggak ada sambungannya juga. Friendship adalah suatu hubungan pertemanan yang sangat akrab, sedangkan fellowship mempunyai beberapa arti, selain pertemanan tetapi juga artinya "an award of money to a graduate student in return for some teaching, research work, etc." 

Meneruskan kembali ke bangku sekolah merupakan godaan terbesar selama ini yang sulit saya matikan baranya. Teringat masa-masa saya lulus kuliah, dan bercita-cita untuk mendapatkan salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh negara-negara donor. Keinginan ini terus menggoda sampai terhenti karena saya menikah, punya dua anak, dan membesarkannya, lalu... waktu berlalu dan batas umur mentok untuk bisa apply beasiswa.



Tapi mungkin doa dan harapan di dalam hati selalu ada, sampai suatu hari mata saya tertuju ke iklan beasiswa yang ada di blog seseorang tentang beasiswa. Entah kekuatan apa yang membimbing saya untuk melihat informasi tersebut (Good, nggak ada batas umur) dan melihat batas waktu pendaftarannya masih ada 2 minggu. Dengan sisa waktu di Bulan Februari yang ada, akhirnya saya mengumpulkan seluruh persyaratan yang diperlukan dan membuat research plan tercepat dan terkilat yang pernah saya buat. Seluruh sahabat saya semasa di kampus membantu membuka cara berpikir ilmiah saya yang sudah tertinggal 25 tahun yang lalu (love you all guys.... from moon and back). Dan seperti mengikuti lomba-lomba blog, saya baca baik-baik persyaratan, kata kunci, dan submit seluruh persyaratan lalu menutupnya dan melupakannya.




Nasib berkata lain.... saya ternyata masuk dalam nominasi dan harus melakukan verifikasi tahap-tahap panjang selanjutnya. Udah kadung daftar dan nyemplung, ya dijabanin wae lah.... Tahap terakhir adalah wawancara via Skype dengan calon profesor pembimbing, dan administrasi dari Universitas pemberi beasiswa. Wawancara dilakukan dengan penuh rasa grogi, serasa ikutan Indonesian Idol dengan 4 juri memberi penilaian. Menantikan Mas Anang ngomong "kalo saya sih Oke, nggak tau kalo Mas Dani...". Asli.... lemes banget menghadapi sesi yang ini, secara lidah rasanya kelu dan sesudahnya banyak penyesalan, kenapa aku nggak jawab ini, kenapa aku nggak jawab yang itu... self assessment istilah kerennya.
Lalu perjalanan panjang lainnya masih harus Entah karena terlalu gembira, exciting, dll, saya sempet deg-degan menanti pengumuman selanjutnya (padahal janji awal, ikutan dan lupakan hahahhah). Setelah mengalami mules yang amat sangat, tangan dan kaki dingin, duduk nggak enak, ketawa nggak lepas, akhirnya saya menerima e-mail penerimaan saya sebagai salah satu graduate fellowship student di Shizuoka University dengan program Master of Informatics. Dan pecahlah tangisan keharuan yang amat sangat.......(asli aku mewek :P). Saya langsung menelepon suami yang ternyata sedang tegang juga menantikan kabar dari saya. Lucunya setelah saya mengabarkan keberhasilan saya, dia menyuruh saya menutup telpon. Katanya kalo dilanjutkan nanti kami berdua bisa saling bertangis-tangisan hehehehhehe. 




Ready or not, here I am...
Seneng.... jelas, karena saya bisa berganti status menjadi student aka pelajar dengan beasiswa di umur yang sudah lewat nomor sepatu ini. Kaget... jelas lah, secara jaman SMA selalu bego di pelajaran Nihon-Go. Nyesel nggak serius belajar dan mengamalkannya sekarang (hahhaha nggak pernah ngebayangkan kalo saya bakal kuliah di Jepang soalnya). Takut..... hehehhe udah saya tinggalkan rasa itu jauh-jauh. Kalo dipikir-pikir lagi.... rasanya kecil kemungkinan saya bisa mendapatkan beasiswa ABP-SU karena mengingat faktor umur, pas wawancara banyakan begonya, terus aku tuh jaman kuliah aja mahasiswa yang hampir lulus dengan melalap seluruh semester yang tersedia (nyaris injury time), prestasi biasa aja (selalu sirik dengan para pemenang lomba blog wkwkwkwk), pernah 4 kali daftar beasiswa selalu mendapat selembar surat menyatakan...thank you but no thank you, dll. Jadi saya itu jauh banget dari gambaran mahasiswa ideal penerima beasiswa.

Undergraduate student. Gambar ABP-SU
Asian Bridge Program - Shizuoka University adalah beasiswa yang diberikan bagi warga dari negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Beasiswa ini menerima mahasiswa undergraduate dan graduate dengan program Science, Informatics, Engineering dan Agriculture. Saya mendapatkan kesempatan untuk kuliah dengan program Graduate School of Integrated Science and Technology dengan posisi kampus di Hamamatsu (untuk Agriculture dan Science di Shizuoka). Hmmmmm jangan diketawain ya...saya sedang galau memikirkan kuliah lagi, tidak membayangkan harus belajar hal-hal yang berhubungan dengan engineering, science, dll karena basic saya adalah social science (semoga nggak salah masuk jurusan). Saya sangat sadar bahwa kerja keras sudah menanti di hari pertama saya kuliah untuk mengejar seluruh target saya selama 3 tahun mendatang.

Mengganti status sebagai student setelah 16 tahun menjadi karyawati tentu juga merubah seluruh rencana hidup saya. Mau tidak mau saya harus move on dan keluar dari titik nyaman saya sebagai karyawati dengan segala fasilitasnya. Ketidakhadiran saya di kantor tentunya berdampak signifikan terhadap keuangan negara (saya). Banyak orang yang bilang kalo saya terlalu nekat meninggalkan zona nyaman yang sekarang, meninggalkan pekerjaan dengan sekuritasnya.... Okay...okay.... saya tau, semuanya berujung pada materi, sekuritas, kenyamanan, kemudahan...tapi saya juga ingin pinter, saya juga ingin melihat dunia luar, saya juga ingin merantau, saya juga ingin...ingin...ingin... yang nggak bisa saya dapet dengan status karyawati. Memang hidup itu perlu materi, uang, fasilitas tapi kalo itu semua menghalangi mimpi besar saya? Hidup tidak melulu masalah materi!!!


Hidup ini penuh pengorbanan.....
Jika meninggalkan kantor bisa disebutkan sebagai pengorbanan, biarlah demikian adanya. Saya percaya, rejeki nggak akan ketuker kok. Mungkin saja rejeki saya dari kantor sudah berhenti berganti dengan rejeki yang lebih baik di lain tempat, saya nggak pernah tau dan nggak mau mempertanyakan hal itu padaNya.  Sehari-hari juga saya orang yang biasa saja kok nggak pernah keseringan hangout, punya baju dan barang cuman segitu-gitu aja, kemana-mana selalu pake angkot dan motor, selera makan apa aja enak. Jadi, ya dibuat enak aja deh kehidupan dan status barunya. Sekarang setidaknya saya sudah bisa move on dari orang yang selalu duduk di pojok ruangan ke pojok kelas di Hamamatsu.

Dengan adanya postingan ini, saya sekalian juga pamit kepada seluruh sahabat-sahabat dan teman-teman untuk tidak dapat hadir dalam kegiatan-kegiatan langsung tetapi saya masih bisa hadir di Dumai, alias dunia maya. Mohon maaf jika saya tidak dapat bergabung dengan acara-acara yang membutuhkan kehadiran secara fisik. Tapi secara maya, Insya Allah saya bisa ikutan dan bergabung berbagi keceriaan seperti biasanya. Mohon maaf juga jika pamitannya secara mendadak karena saya tidak mau berbagi kesedihan karena harus berpisah sementara, dan saya juga tidak mau merepotkan teman-teman yang mau menyumbang Yen wkwkwkkwk. Cukup doa selamat bagi saya dan keluarga untuk perjalanan saya yang cukup panjang ini sangatlah berarti (ehemmm tapi kalo mau salam tempel Yen saya terima juga kok). Terimakasih.....








57 comments:

  1. Huuwwaaaa *ikut terharuuu
    selamaatt mbaa *tebar confetti
    Salutt sama semangat dan niat untuk belajar lagiii :D

    Tetep update yaa di blognyaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mak Shinta, Insya Allah cerita akan terus mengalir.....

      Delete
  2. Semangaaaat maak!
    Walopun udah kuliah lagi, bisa tetep update blog dong yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Nurul, kayaknya saya mungkin justru nambah produktif...yaaa anak kuliahan kan suka curhat geje-geje gitu hehehhehehhe

      Delete
  3. wah, semangat belajar lagi ya. semoga lancar-lancar ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaammmiiinnnn, lagi mikirin gimana caranya duduk betah dengerin dosen. Udah kelamaan nggak kuliah nih....

      Delete
  4. gudluck ya maak
    ikut bahagia dengernya :)
    smoga bisa ikutan ganti status di tahun depan ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih.... hayo wujudkan cita-cita ganti statusnya, jangan kelamaan kayak saya....

      Delete
  5. Selamat berjuang dan semangat terus ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih doanya... semoga barokah untuk semua.... Ganbatte.....

      Delete
  6. Aku juga pengen ganti status, semangati aku semangati :)
    Sukses ya, semoga menjadi penerima beasiswa yang mabrur #lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaammmiiinnnnn. Hayo Makpuh...semangat... ternyata ada juga beasiswa yang nggak pake syarat dan ketentuan berlaku. Semangat.....

      Delete
  7. Senangnyaaa bisa kuliah di Jepang. Selamat :)

    Ditunggu ceritanya tentang pengalaman kuliah di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mak.... hehehehheh sudah terbayang saya mengalami keriweuhan buat kuliah lagi nih....tapi tetap semangat.

      Delete
  8. Wah selamat!
    Selamat menikmati masa-masa belajar lagi, di Jepang pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihihiih ini keberuntungan ganda namanya Mak...

      Delete
  9. Mak, saya terharu dan seneng bacanya. Aaak Jepaaaang. Selamat ya Mak. Saya suka kesederhanaannya Mak Junita. Salam kangen utk Jepang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun Mak.... mungkin ini adalah contoh bahwa Allah akan mengabulkan doa siapapun, waktunya disesuaikan dengan kebaikan kita.

      Delete
  10. Terharu banget bacanya. Your dream is my dream too. Semoga sukses, jangan pernah menyerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluk..... Mimpi akan membawa kita ke tingkat yang kita inginkan bahkan lebih Mak....

      Delete
  11. Huaaa.. Selamat maaak... Mimpi kalau dipupuk suatu saat pasti bisa tercapai ya maak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih... mimpi, ora et labora. Terus berharap suatu saat akan terwujud....

      Delete
  12. wuaahhh selamat ya mba... selalu salut kalo ketemu temen yg masih niat ambil master degree pdhl kerjaan udh mapan.. ;).. Aku sendiri masih maju mundur kalo soal bgitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo Mak, sekolah lagi supaya tambah mapan kerjaannya....

      Delete
  13. Congraaats yaaa.. I know exactly how it feels to get the scholarship 😇😇😇... Selamat berjuang dan semangaaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much Mak Indah. You have been in my shoes before...pasti rasanya campur aduk ya Mak.....

      Delete
  14. Ihiyyyyy,
    asik announcement nih yeeee... selamat ya Mbaaa... btw mbok aku diajarin bikin research plan Mbaaa... aku barusan lulus S1 tapi lulus melahap semua semester ampe abis, jadi bikin skripsi gak niat hahaha =))
    *salam tempel 1 yen*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhahahah sekali-kali Na, abis nggak pernah menang ngeblog. Research plan yang serius yah hmmmm hmmmmm hmmmm mengerahkan kemampuan metode penelitian dulu wkwkwkkw. Tenang Na, nggak apa-apa melalap semua semester, berarti kita kan lebih berpengalaman kuliahnya daripada yang kuliahnya cepet banget.... *salam tempel diterima*

      Delete
  15. sayonara, teh junet. kapan berangkat? itu nabil, lula, kang tiyo, pada ikut juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mata Ashita Ulu..... anak-anak yang menyusul, bapakna mah lihat situasi dulu ceunah

      Delete
  16. kereen, selamat dan semangaat ya mbak :)

    ReplyDelete
  17. Ya ampunn.. Keren banget Makk.. Inspiratif.
    Berati usia enggak masalah ya utk dapetin beasiswa.
    Kadang suka enggak pede saingan sama anak2 muda. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, ternyata usia tidak jadi penghalang, walaupun sekarang temen-temen aku freshgraduate semua. Kita masih tetep menang pengalaman kok.... lebih bijaksana cieeeeee

      Delete
  18. ikut senang dengernya mbak, ternyata kalau sudah niat pasti ada jalan ya mbak. Selamat belajar lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Lidya.... kalo sudah jodoh tak lari kemana hehehehheh

      Delete
  19. semoga selalu semangat yaa memulai belajar lagiii :)

    ReplyDelete
  20. Selamat Mba Junita. Sukses selalu......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak Anita...... thank you so much... saya bakal penuh dengna buku kurafto...

      Delete
  21. Selamat mbak....seneng bacanya.......ini baru pertama aku mampir...eh, udah dipamiti.... Btw, sukses ya mbak....salam klo ketemu oshin... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mak, tenang saja, semoga masih giat posting deh.

      Delete
  22. persiapan udah rapi semuanya..?
    perlu bantuankah...just name it..
    mudah2an lancar di sana dan sempatkan ngeblog ya neng ..biar tau kabar he..he...
    biar ponakan2 terinspirasi sma bujing

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap Kakak... walaupun liat list kok ada yang kurang terus hehehehhehe. Insya Allah terus ngeblog untuk catatan semuanya, syukur-syukur bisa jadi inspirasi...

      Delete
  23. siip mba, saya doain semoga lancar dan sukses

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. Mb.. saya juga mau apply abp, sudah dapat supervisor.. kalau mau sharing boleh gag mb? :) terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maafkan, saya jarang buka blog sekarang. Boleh sharing, sapa saya di google plus aja ya.

      Delete
  26. Selamat mbak.. tetap semangat ya.. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    ReplyDelete
  27. Pantesan blognya gak pernah update lg ternyata lg sekolah yaa mba. Good luck yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehhe begitulah nasib student. Tapi sekarang mo maksain update ah....

      Delete
  28. Kak,untuk yang mau ambil S1 Abp shizuoka ada batasan usia tidak. Aku lulus SMA thn 2017 dan gap year 2 tahun bisa ikutan daftar gak

    ReplyDelete