Thursday, April 9, 2015

Randoseru yang nggak seru harganya...

Rondoseru, tas kotak kulit (ataupun seperti kulit) yang jadi item wajib anak sekolah SD di Jepang itu sepertinya mulai mencuri perhatian semua orang. Padahal sih bentuknya cuman kotak kaku, warna hitam dan merah (tapi mulai juga ada warna-warna lainnya, mengikuti selera pasar). Randoseru bukan kata bahasa Jepang, tetapi bahasa Belanda RANSEL yang diadaptasi menjadi rand(o)-sel(r)-u, jadilah randoseru.
Kalo nonton Dorameon pasti inget deh adegan-adegan Nobita jatuh trus bukunya berhamburan dari randoseru yang nggak dikancingkan. (Padahal randoseru akan mengunci otomatis). Maklum, namanya juga Nobita pasti clumsy dan riweuh.

foto: kaskus

Randoseru ini jadi ngehits banget dan sepertinya jadi oleh-oleh turis yang berkunjung ke Jepang gara-gara Zooey Deschanel, pemain seri New Girl kelihatan lagi gendong tas ini. Entah karena unik atau karena kenyamanan, Zooey selalu membawa dan orang-orang jadi pengen tau itu barang apa sih? Hihihihi padahal di Jepang sendiri jadi pembahasan, karena orang dewasa dan randoseru itu dua hal yang nggak ada sambungannya. 

foto : rocketnews24

Randoseru lazimnya dipakai anak-anak Sekolah Dasar di Jepang. Harganya lumayan fantastis, sekitar 30.000-50.000 Y (sekitar 3-5 Juta Rupiah saja). Tapi, garansi yang diberikan selama anak bersekolah di SD, jadi sekitar 6 tahun. Jadi, menurut temen saya yang anaknya bersekolah SD disana, kalo sekolah SD di Jepang itu gratis/ murah, yang mahal beli tas sekolahnya wkwkwkkwkwkw. Tapi untuk pendatang, biasanya sekolah memberi pinjaman randoseru sampai si anak punya sendiri. Biasanya toko-toko besar seperti Takashimaya, Isetan, ataupun Don Quixote (semacam Matahari Dept. Store) menjual randoseru, dan stock baru akan banyak tersedia di bulan April pas pendaftaran murid baru. Sayangnya orang Jepang nggak tega beliin randoseru second untuk anaknya (wong anaknya cuman sekali masuk SD hehehehhe), walaupun di pasar-pasar minggon suka ada juga yang menjual bekasnya. Tapi kalo untuk pendatang sih, sah-sah saja memakainya, maklum harga fantastis randoseru bisa membolongi dompet kedasar-dasarnya.

foto: google

Biasanya orang tua akan membeli randoseru terbaik untuk putera-puterinya yang akan bersekolah SD sebagai tanda bahwa anaknya sudah besar sudah bisa bersekolah. Dan randoseru akan dipakai terus selama 6 tahun sampai si anak menamatkan sekolah dasarnya. Hmmmm pasti pada mikir ya, tas untuk anak SD aja saingan ama harga tas gaya emaknya wkwkkwkwkwk. Tapi beneran, acara beli randoseru ini memang kewajiban untuk orangtua sebagai memperingati moment anaknya sekolah..... hehehehhe memangnya saya, anak masuk SD aja disuruh pake tas bekas kakaknya, masih bagus kok....


Tapi saya nggak bisa nolak juga ketika anak saya meminta dibelikan randoseru yang nggak seru harganya. Anak saya udah ngumpulin uang jajan selama setahun untuk bisa meminang tas kotak ini, dan nggak tega ngeliat ekspresi mukanya ketika melihat harga dan tabungan masih jauh. Sssstttt, suami saya punya crazy idea untuk mendapatkan tas itu. Katanya kita kipas-kipas aja 5 lembar duit 1000 yen ke anak-anak SD, sapa tau ada yang nakal pengen punya uang. Sayangnya rencana itu pasti nggak akan berhasil, wong itu anak-anak Jepang nggak ada yang mata duitan wkwkwkkwkwkkw.

Saya nggak sengaja menemukan satu-satunya randoseru baru yang masih berlabel 10.000 yen di Akibahara, dan dengan semangat menebusnya. Bapak penjual, menjelaskan bahwa itu tas terakhir yang dia jual, terus kartu garansi selama 6 tahun, dan memeriksa gerakan tali didasar tas. Dasar tas yang berengsel besi itu bertujuan untuk menjaga kelenturan tali randoseru, berbeda dengan ransel yang kita pakai, gerakannya nggak bisa ke semua arah. Gerakan ini dimaksutkan agar tas bisa mudah dilepaskan dari badan anak.



Nah kalo gambar diatas adalah bagian terkaku yang kena dengan punggung langsung. Tujuannya adalah untuk membentuk punggung anak SD yang masih lentur menjadi tegap dan tidak bungkuk. Selama 6 tahun, tas ini akan membentuk punggung yang lurus dan tegap. Sedangkan tebalnya randoseru juga memang sudah standar. Tujuannya untuk melindungi anak ketika jatuh punggung terlebih dahulu. Dengan ketebalan yang sudah ditentukan, randoseru akan melindungi kepala anak dari benturan ke tanah atau lantai. Berat randoseru pun selalu dibawah 1 kg. Jadi bentuknya aja yang besar, beratnya sih ringan di punggung anak. Hihihihi hebat yah, segalanya dipikirin demi safety anak-anak.
 

 

Nah kalo ini posisi tas terbuka lebar, didalamnya ada kompartemen-kompartemen untuk menyimpan peralatan tulis-menulis. Terus ada daftar pelajaran yang tertempel di tas, jadinya nggak ada alesan untuk lupa kalo hari ini belajar apa aja. (Berarti Nobita itu bener-bener keterlaluan ya bisa salah jadwal ulangan wkwkwkkwk). Banyak sangkutan-sangkutan untuk menggantung keperluan anak seperti alarm keselamatan, payung, tempat bekal, kartu bus. Tapi terlepas dari harganya yang nggak seru itu, randoseru memang benar-benar sudah menjadi iconnya pelajar SD Jepang. Walaupun mereknya berbeda (Nike dan Puma juga bikin randoseru lho), tapi lebar, besar dan beratnya standar dari ujung barat ke timur Jepang. Hmmmm berminat menukar tas Prada anda menjadi randoseru seperti Zooey? Keliatannya keren juga ...:)

30 comments:

  1. Mak, kalo liat anak SD pulang sekolah, pengin kuminta tasnya.
    Dan emang, tasnya mihil sangat.
    Makasih infonya, Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Pipit, suami saya punya crazy idea untuk mendapatkan tas itu. Katanya kita kipas-kipas aja 5 lembar duit 1000 yen ke anak-anak SD, sapa tau ada yang nakal pengen punya uang. Sayangnya rencana itu pasti nggak akan berhasil, wong itu anak-anak nggak ada yang mata duitan wkwkwkkwkwkkw

      Delete
  2. Bikin randoseru di sini trus dijual di Jepang prospek kayaknya ya, harganya dimurahin dikit hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul Mak, asal pengrajin kita bisa bikin handmade sesuai spek dan mau ngasih garansi 6 tahun, pasti deh bisa dan laku. Pasarnya udah jelas, tiap tahun pasti laku, plus ditambah sama turis yang pengen bawa oleh-oleh untuk anaknya... hayoooo celah bisnis baru niy.

      Delete
  3. Ada yg bwt emak2 nggak mak, mau jg yg begitu..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paginya buat anak sekolah, sorenya boleh dah buat emaknya arisan hihihihi

      Delete
  4. Keren ya maaak. Pasti si tas kualitasnya bagus bgt smp dikasih garansi 6 thn. Eh tp ko anak2 jepang ga kegoda buat mnt tas baru tiap kenaikan kelas ya?! :')) Salam kenal mak. Klo sempet mampir ya maak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Handmade Mak. Mungkin karena bentuk tas anak sd dari ujung ke ujung Jepang sama jadi nggak pengen ganti tas juga, warna juga cuman dua, hitam dan merah. Selain itu sepertinya waktu dikasih tasnya ada 'pembicaraan' bahwa tas harus dipakai sampai tamat SD.

      Delete
    2. Semacam kontrak gitu ya maak. Klo sebelum 6 thn ganti kena penalti,haha. :))

      Delete
    3. hahhahah kayaknya si ibu bilang, Nak, kalo sampe kamu ganti tas, aku juga mau ganti anak aja wkwkwkkwkw

      Delete
    4. Dan kemudian anaknya pun pingsan maaak, hahahaha.

      Delete
  5. Tasnya keren, pengen beli, tapi setelah liat harganya.. glekk.. langsung nelen ludah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwkwkwk dan sialnya harga segitu standar, dari toko ke toko sama. Paling beli di toko second, kalo beruntung dapet dibawah 5000 yen, kondisi masih okay.

      Delete
  6. Salam kenal... wah tas sekolah aja sampai dipikirin sedemikian rupa ya sama orang Jepang. Jadi naksir deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, mereka itu serius untuk segala hal deh kayaknya. Boleh mak, tinggal beli asesoris yang blink-blink pasti lucu deh

      Delete
  7. itu tas memang icon banget sama anak-anak sekolahan Jepang. Saya itu dari dulu suka banget sama Randoseru. Tapi, gak tau kalau harganya semahal itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama liat tag harganya langsung bengong...serius eta teh sakitu hargana. Ngalahin tas Charles&Keith aja... Tapi kalo dipikir untuk 6 tahun dan nggak ganti-ganti mungkin jatuhnya sama aja dengan beli tas baru tiap semester.

      Delete
  8. Alamaaak.. harganya bikin pengsan. Mana disini masuk skolah pun mihil yah. Hahahaha.. tapi keren euy coba kiti bisikin atuh yah sama perajin di cibaduyut biar saya bs beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, untuk trend baru ya, walaupun buatan cibaduyut kualitasnya harus bisa 6 tahun.

      Delete
  9. unik tasnya, pas di buka ada jadwal pelajaran gu jadi gak hilang ya dibadnung di tulsi dikertas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain itu banyak gantungannya Mak, jadi payung, tempat minum, alarm bersatu dengan yang punya tas.

      Delete
  10. Tasnya lucu juga ya... Apalagi pake mikirin safety anak2 pula, keren... Tapi harganyaaa... Hehe... Kirain randoseru tuh bahasa Jawa, wkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang Jepang bikin segala sesuatu serius dan harus safety walaupun barang kecil-kecil. Mirip bahasa Jawa toh Mak? Padahal asalnya dari kata ransel. Berhubung lidah mereka nggak bisa stop pas konsonan dan bilang L, jadinya randoseru deh...

      Delete
  11. mau tasnyaaaaa! jepang gila ya haahah :D hebat euy craftmanshipnya mantap sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, harus berantem heula sama Lulla kalo mau tasnya Mah. Apa sih yang nggak jadi mastering di Jepang. Segala sesuatunya harus serius Lu, sampai ke yang nggak penting juga harus serius karena suatu hari bisa jadi penting.

      Delete
  12. Tasnya cakep, bagus buat pertumbuhan tulang belakang sianak.
    Itu nama dept store kok menakutkan: i setan, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya orang jepang tegap-tegap dan langsing-langsing karena dari kecil sudah dilatih. Isetan bukan namanya aja yang serem tapi pas bayar juga sangat menyeramkan, bisa meraup banyak uang dari dompet....

      Delete
  13. maaf mau tanya...klo di osaka,namba gitu ada gak ya kira2 toko yang jual randoseru murah???saya ingin beli untuk oleh2 buat keponakan...
    itu toko di aibara..apa nama toko ny??teima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada. Kalo di Don Quijote pernah liat dan harganya memang selalu diatas 10.000 Yen. Saya beli di toko kecil di Akihabara, nggak sengaja pas lagi liat-liat liat tokonya masang iklan randoseru murah. Cuman inget deket dengan Lawson hehehheheh

      Delete
  14. Tasnya seru banget (kecuali harganya). Eh Teh, biasanya anak-anak sekolah di Jepang bawa buku seberapa berat? Di Bandung pan kadang-kadang beratnya udah saingan sama barbel.

    ReplyDelete