Monday, September 9, 2013

Berbagi sehat lewat imunisasi

Entah mengapa, tiba-tiba saya ditugaskan untuk mengikuti acara CSR (Corporate Social Responsibility)  ke Cisarua, Bandung Barat. Rasanya saya sudah lama sekali tidak keluar kantor untuk acara-acara seperti ini, hampir 10 tahun yang lalu rasanya terakhir saya ikut gabung ke lapangan.

Tapi hari ini, atasan saya menugaskan untuk menemani teman-teman dari bagian lain untuk melakukan kegiatan pelayanan kesehatan yang diprakarsai oleh SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) dan Pundi Amal SCTV. Kegiatan ini dilakukan di Universitas Advent Indonesia, Cisarua Bandung Barat.(daerah jajahannya Teh Dey lho hehehhehe maaf nggak lapor bu RT dulu niy)


 photo 1378433978_zps9da3d824.jpg


Saya baru kali ini berkunjung ke UNAI (Universitas Advent Indonesia) dan terpana dengan keasrian lingkungannya. Berhubung saya kebagian beres-beres, jadinya nggak sempet mengabadikan keasrian komplek universitas ini. Hanya bangku kayu di aula yang berjejer rapih yang saya sempat foto. Itupun, hanya beberapa menit, rasanya ingin berlama-lama menikmati pemandangan tetapi tugas sudah menunggu.

Kegiatan pelayanan kesehatan diadakan di Klinik UNAI yang bersebrangan dengan komplek Universitasnya. Pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi check kesehatan, pemeriksaan gigi, operasi katarak dan dari kantor memberikan vaksinasi influenza secara gratis.


 photo 1378434136_zps7a59c143.jpg

Mobil sehat pun ikut meramaikan kegiatan kesehatan ini. Mobil ini sudah melanglang buana ke seluruh Indonesia dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk seluruh warga. Mobil ini dilengkapi dengan sarana multimedia untuk menunjang setiap kegiatannya.

 photo 1378434090_zps86743842.jpgVaksinasi gratis yang diberikan adalah vaksin flu seasonal. Mengapa hanya vaksin flu? Hal ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan. Pertama, karena acara diluar kantor sehingga paramedik yang dikirim terbatas. Kedua, karena keterbatasan paramedik pemberian vaksin flu ini lebih mudah dan sederhana. Pemeberiannya kepada usia diatas 12 tahun dngan syarat tidak demam dan tidak alergi telur (bahan dasar pembuatan vaksin flu ini adalah telur ayam). Kalo harus memberikan vaksin balita, takutnya menganggu siklus yang sedang dijalani oleh balita, dan paramedik yang turun tangan harus lebih banyak dan syarat yang lebih rumit lagi. 

Vaksinsi flu ini berguna untuk mencegah penyakit flu dalam kurun satu tahun dan bisa diulang pada tahun depannya. Lumayan kan, satu tahun terbebas dari penyakit influenza berat yang suka mengganggu produktifitas ;)

 photo 2af4438e-2db7-44f6-9e1c-ce5e26983220_zpsf3c6ed12.jpg

Vaksinansi flu dijamin tidak sakit karena jarum suntik yang digunakan adalah jarum suntik yang terkecil yang biasa digunakan untuk penyuntikan vaksin BCG bayi, dan prosesnya pun sangat cepat. Hehehehe pokoknya rasanya lebih sakit digigit semut....yang sedang naik ojeg tapinya.....

 photo 1378434039_zps587a3953.jpg

Untuk menjaga keamanan supaya jarum suntik tidak digunakan ulang, disediakan disposafe. Tempat pembuangan limbah biohazard yang sangat berbahaya jika tidak diincenerasi apalagi digunakan lagi. Selain itu juga untuk mencegah penyebaran penyakit melalui jarum suntik.

 photo 8520062b-a0a9-45aa-a80c-540d9ad83f0d_zps3c25f968.jpg

Nah, ini yang bikin heboh, kehadiran para host SCTV yang numpang lewat membuat "kericuhan" sesaat di poliklinik. Pasien dan paramedik berebutan foto dengan Joe Richard. (soalnya yang saya tahu hanya itu aja, maaf ya mbak. saya tidak mengenal anda walaupun dari gaya dan caranya anda adalah orang terkenal.) Yang sakit jadi sehat, yang ngobatin ninggalin yang sakit.... fiuhhhhhhh....recet lah pokona mah...

 photo 1378434356_zpsa08bae92.jpg