Thursday, January 26, 2012

Panen air karena biopori

Masalah berkebun sepertinya bukan bidang kesukaan dan keahlian saya. Jadi saya tidak terbayangkan punya kebun dengan aneka tanaman ataupun bunga. Kebetulan, ada sedikit sisa lahan didepan dan disamping rumah, jadinya dosa juga kalo tidak ada tanamannya.
Ada juga sih niat untuk menanam bumbu dapur atau kerennya herb garden, tapi ya itu nggak keurus juga. Paling yang ada dan subur itu daun pandan (sangat laku disaat bulan puasa), cabe rawit, jahe, sereh, daun kari, sirih merah dan hijau. Yah lumayan, manfaatnya besar kalo lagi kehabisan stok bumbu.
Selain itu juga, dihalaman rumah diantara tanaman kita memanfaatkan biopori. Biopori adalah lubang-lubang dalam tanah yang terbentuk karena aktifitas organisme didalamnya, seperti cacing, dl. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di webnya BIOPORI
Pembuatannya sangat mudah karena sudah ada bor khusus untuk membuat lobang biopori. Semenjak membuat biopori di halaman rumah, masalah sampah organik dirumah jadi berkurang. Karena untuk menciptakan pori-pori dibutuhkan bahan makanan yang organik. Selain itu dengan biopori, masalah air tergenang teratasi dan yang paling membantu pada saat kemarau, Alhamdulillah sumur nggak pernah kekurangan air.
Dibawah contoh biopori yang dibuat dan alat biopori yang gampang digunakan. Mau panen air, yuk kita buat biopori....


Fwd: IMG01485-20120115-0804.jpg
Lubang biopori pake pipa paralon

Fwd: IMG01486-20120115-0806.jpg
cape deh abis bikin lubang....