Wednesday, October 18, 2017

Haru Yasumi, Liburan musim semi yang penuh dengan bunga

Musim semi salah satu musim favorit saya, karena suhu mulai menghangat. Udara yang dingin bikin mager maksimal, apalagi harus ngayuh sepeda, rasanya kulit muka jadi super kenceng kena dingin. Kayaknya bukan cuman saya, tapi juga tanaman bergembira dengan datangnya musim semi. Hal ini terbukti dengan dimulainya kegiatan berkebun para ibu-ibu. Di musim ini pula seluruh kegiatan sekolah dan kuliah dimulai. Jadi rasanya nambah semangat masuk ke kampus disambut dengan mekarnya bunga-bunga.


Datangnya musim semi atau disebut dengan Haru selalu ditunggu karena di musim inilah bunga khas Jepang muncul, sakura. Kehadiran sakura setiap kotanya berbeda tergantung suhu terhangat. Biasanya di mulai dari Okinawa terus naek ke Kyushu, Tokyo, dan Hokkaido paling terakhir. Sakura hanya singkat, dua minggu dan gugurnya bisa cepat kalo hujan sering datang. Biasanya TV dan koran akan mengumumkan puncak mekarnya sakura dan orang-orang menantikan karena akan ber-hanami. Hanami sendiri berasal dari kata hana yang berarti bunga dan mi yang berarti melihat. Hanami dilakukan sambil piknik di taman-taman yang penuh dengan bunga sakura. Nah disinilah serunya, karena semua orang ingin menikmati hanami, jadi bakal dipastikan ingin mendapatkan spot terbaik. Jadi kita dulu-duluan ke koen (taman) sambil nyari posisi yang paling PW dengan menandainya sambil menaruh tiker ditempat yang kita inginkan. Dan menjelang makan siang, taman yang biasanya sepi jadi ramai, seramai-ramainya.

Waktu pertamakali hanami saya dan teman-teman sempet salah waktu. Kita pergi ke koen jam 9 pagi dan langsung tancap menyantap sajian yang ada. Terus kita liat sekeliling kok sepi ya, apa kota ini sedikit penduduknya. Ternyata kita kecepetan. Orang-orang datang menjelang makan siang saat amunisi kita sudah habis disingkat. Justru pas saat rame kita udah nggak bisa ngapa-ngapain lagi. Dan, nggak ada warung... jadi kita nyengir-nyengir aja liat orang menikmati santap siang yang keliatannya enak. wkkwkw udah laper lagi soalnya.

Setiap pengunjung bakal mengeluarkan amunisi bento terbaiknya, beberapa orang akan mulai membuka sake. Nah ada kepercayaan bahwa kalo sake kejatuhan kelopak sakura akan beruntung. Heheheh dasar saya kalo denger kata beruntung pasti pengen ada kelanjuntannya... beruntungnya kenapa (sambil ngarep bakal menang lotere) dan kata orang Jepang kamu beruntung karena kejatuhan kelopak sakura. Nggak tiap orang bisa kejatuhan kelopak sakura. Hehehhehe ooooo itu beruntungnya. Padahal saya udah ngarep keberuntungan yang sangat besar dari sekadar kelopak sakura.

Alhamdulillah, hanami tahun ini saya diapelin sama suami, jadi kita bisa menikmati bersama. Kita berhanami sampe ke Hamamatsu flower park, salah satu taman terbesar yang ada disini. Dan saat itu juga tulip bermunculan, jadi pemandangan taman bener-bener indah banget.

Saya ternyata kudet tentang perbungaan. Saya pikir bunga tulip itu hanya ada di Belanda. Bukan apa-apa selama ini saya selalu punya gambaran bunga itu hanya tumbuh di negara kincir angin. Ternyata di Jepang juga ada tulip hehehehhehehe. Dan kata informan saya yang pernah ke kebon tulip di Belanda, tatanan tulip di Jepang lebih "berwarna" daripada di Belanda.


Sayangnya munculnya bunga-bunga berarti banyaknya pula serbuk sari yang berterbangan. Nah, dimusim ini pula biasanya kafun atau alergi serbuk bunga bermunculan. Sampai-sampai di setiap ramalan cuaca akan selalu diberitakan berapa persentase polen hari itu. O iya, laporan cuaca di TV Jepang itu sangat detil, sampe-sampe diinformasikan apakah hari ini cocok untuk jemur pakaian atau tidak heheheheh.  Eh balik lagi ke kafun. Buat yang alergi bukan cuman bersin-bersin tapi juga gatal-gatal di sekitar mata, berairnya mata dan hidung, bahkan sampe ke bengkak. Biasanya toko-toko akan menjual kacamata khusus untuk menghindari serbuk bunga juga dimulainya musim orang bermasker. Bahkan ada yang menjual pakaian yang anti kafun segala.





Nah berikutnya saya pasang ya foto-foto pas puncaknya sakura di kota tempat saya tinggal. Sakura yang hanya dua minggu akan berguguran seiring dengan seringnya musim hujan yang merontokkan kelopak sakura yang rapuh. Monggo, silahkan menikmati.....










16 comments:

  1. keren ya, kapan saya bisa ke jepang
    jadi pengen kesana hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kemari, sekarang kan sudah banyak kemudahan untuk bisa sampai ke Jepang. Pasti nyampe sini kok....amin.

      Delete
  2. waah kita sama-sama tinggal di Jepang nih. Musim fall sekarang di Tokyo dingiiiin dan hujan terus :( makin dingin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, disini juga udah seminggu hujan terus nih. Makin males keluar hahahhah

      Delete
  3. Cantiknya mekaran bunga2.... Baru tahu kalau haru artinya musim semi. Jadi keinget webtn Hana Haru. Hana artinya bunga kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pas haru memang semua tiba-tiba ada bunganya, bahkan pohon besar yang saya pikir nggak akan berbunga eh ada juga bunganya. Yap betul, hana itu bunga dan haru itu musim semi, jadi bumi musim semi

      Delete
  4. Keren banget nih, bkin makin pengen ke Jepang! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo Mak mampir, sensasi sightseeing Jepang memang spektakuler....

      Delete
  5. Jepang, adalah salah satu tujuan wisata yang belum saya kunjungi sampai sekarang. Bunga-bunganya cantik sekali .Budaya nya juga keren. Terimakasih infonya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih juga berkenan mampir, semoga infonya berguna ya.

      Delete
  6. Indahnyaaa... bunga-bunganya cantik sekali! Pantas kalau musim semi selalu ditunggu-tunggu yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua musim yang paling ditunggu haru karena bunga dan aki karena momiji, daun yang memerah. Cuman dua-duanya selalu banyak curah hujannya.

      Delete
  7. Ya Alloh, jadi pengen tinggal di Jepang juga. Ya, setahun juga gapapa deh. Biar bisa nikmarin cherry blossom macam ni. Huhuhuhu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin..ammmiinnnn. tapi enaknya cuman sebentar tinggal disini. Berikutnya keburu nggak bisa nikmatin apa-apa keburu sibuk sendiri hehehehheheh

      Delete
  8. Menetap disana ia mbak? atau kerja? jepang pohon dan bunganya apik2 yooo, warna warni kayak pelangi, kalo orang jepang itu suka main apa ia kalo umur 20 an? mohon info donk mbak heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lagi kuliah disini, semoga cepet beres deh. Kalo yang saya thu sih umur 20 tahun di Jepang umur dewasa saat mereka lepas dari orang tua, saat punya SIM, saat bisa merokok dan usia legal minum bir/ alkohol. Heee maenan apa ya... kalo liat anak-anak kampus sih senengnya ngoprek komputer atau maen game.

      Delete