Friday, February 26, 2021

Lensa (Cici) Meike

Setiap foto pasti ada hal yang paling menarik dalam proses pembuatannya. Saya sih paling suka tuh liat foto-foto dengan efek bokeh dilatar belakangnya, ada sensasi tersendiri melihatnya. Foto dengan efek bokeh bisa didapatkan dengan menggunakan lensa fix 50mm dengan bukaan yang sangat lebar sekitar 1,7. Kebetulan lensa bawaan kamera saya rasanya kurang bisa memberikan  efek ini secara maksimal. Sebetulnya pilihan saya jatuh pada lensa Canon 50mm yang versi plastik, Sayangnya lensa ini membutuhkan adaptor untuk bisa beraksi di kamera saya, dan adaptor yang saya punya udah lama nggak keliatan entah kemana. Dengan alasan hanya untuk memenuhi hobi saja, saya mencari informasi lensa alternatif yang agak miring harganya dan ternyata sekarang lagi booming lensa Made in China dengan berbagai merek, Berbekal review di youtube dan blog, saya akhirnya meminang lensa Meike 35mm F1/7 APS-C yang setara spek teknisnya dengan lensa Canon 50mm fifty nifty dan berita gembiranya tidak memerlukan adaptor tambahan di kamera saya.

 . 


Tapi sebetulnya sih ada barang ada harga juga. Lensa ini bikin kamera kita jadi dari full auto jadi full manual. Pengaturan kecepatan, ISO, dan bukaan harus diset ke menu M(manual), tentunya juga berlaku dengan fokus. Tombol setengah pencet tidak ada fungsinya lagi karena sistem elektrik tidak jalan. Mau tidak mau kita harus menajamkan mata kita untuk menemukan titik fokus. Persis seperti menggunakan kamera analog jaman dahulu, semua pengaturan harus ada di tangan pengguna. Setidaknya saya jadi dipaksa belajar lagi teknis motret, tapi untuk fokus jadi hal serius karena mata saya sudah "tua" jadi memang harus memotret tidak terburu-buru. dan belajar lagi sabar untuk bisa mendapatkan hasil foto yang indah.  

Tapi secara keseluruhan sih lensa ini buat saya yang cuman entusias fotografi dan tidak paham teknis menyatakan bahwa lensa ini mumpuni untuk mengeksplore banyak hal yang terlewati selama menggunakan kamera full auto. Kata beberapa orang, hasil foto dari lensa ini terlalu tebal vignettenya (dan lagi-lagi saya nggak bisa lihat perbedaannya). Tapi, secara keseluruhan sih lensa meike ini mempunyai kelebihan : murah, berbahan besi, ekonomis, hasil mumpuni (untuk saya yang nggak bisa bedain lensa bagus dan mahal ya) dan kekurangannya seperti: berat, manual focus, ada vinette (kata yang bisa bedain)


Nah penasaran nggak hasil foto pake lensa meike seperti apa hasilnya…. Hmmm saya juga kaget sendiri sih, ternyata nggak mengecewakan dan nggak kalah sama kamera nifty fiftynya canon. Beberapa foto saya ambil semua pake meike 50mm. Layaklah dicoba untuk murid sekolah (selamanya) motret seperti saya.





No comments:

Post a Comment